Setelah 22 Saksi, KPK Periksa Lagi 23 Saksi Kasus Uang Ketok DPRD Sumut

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Setelah melakukan pemeriksaan 22 saksi pada Selasa (22/5), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa lagi 23 saksi terkait kasus suap uang ketok DPRD Sumut di Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), Rabu (23/5).

Menurut Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah, sebagian besar yang dipanggil untuk diperiksa sebagai saksi adalah para anggota DPRD Sumut.

“Dalam pemeriksaan kemarin, KPK kembali menerima pengembalian uang sekitar Rp350 juta dari tiga anggota DPRD. Uang tersebut telah disita sebagai bagian dari berkas perkara penyidikan ini.

Sekali lagi kami sampaikan, KPK menghargai itikad baik pengembalian uang dan sikap koperatif memberikan keterangan dari pihak yang diperiksa. Hal tersebut akan diperrimbangkan sebagai aspek meringankan,” ujar Febri Diansyah melalui pesan WhatsApp-nya kepada Waspada Online Rabu (23/5).

Lanjutnya, meskipun KPK telah memetakan dan mengetahui secara persis siapa saja penerima uang dalam kasus ini, namun hukum tentu tetap dapat memberi ruang pertimbangan meringankan jika pelaku koperatif.

Advertisement

“Karena itu, kami ingatkan kembali pada penerima lain untuk segera mengembalikan uang dan bersikap koperatif pada penyidik,” ujar Febri.

Sejauh ini jelas Febri, sekitar 195 saksi diagendakan diperiksa untuk 38 tersangka, termasuk rencana pemeriksaan hari ini. Tim penyidikan masih akan melakukan pemeriksaan sampai Kamis minggu ini,” katanya.(wol/data1)
Editor: RIDIN