Jaga Kestabilan Harga, TPID Resmikan “Kedai Kita”

WOL Photo/Eko kurniawan

MEDAN, Waspada.co.id – Upaya dalam menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok di tengah-tengah masyarakat, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Medan meresmikan “Kedai Kita” di Pusat Pasar Medan, Kamis (17/5).

Program “Kedai Kita” yang digagas oleh TPID ini merupakan gerai yang menyediakan kebutuhan pokok atau komoditi utama seperti beras, gula, minyak goreng, tepung, dan daging.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara, Arief Budi Santoso, menuturkan bahwa “Kedai Kita” ini merupakan program yang digagas atas sinergi TPID Kota Medan.

“Jadi program ini bukan karena Ramadhan, tetapi upaya kita dan pemerintah dalam mengendalikan kestabilan harga komoditi utama, tetapi memang bertepatan pas bulan puasa, yang kita ketahui bersama bahwa kebutuhan selama puasa akan lebih tinggi, terutama pas Lebaran nanti,” tuturnya kepada Waspada Online usai meresmikan “Kedai Kita”.

Jadi program ini akan berlanjut, dan TPID berencana membuka gerai-gerai seperti ini di beberapa pasar yang menjadi survei Badan Pusat Statistik (BPS) dalam mensurvei harga kebutuhan pokok.

Advertisement

Di kesempatan yang sama, Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menambahkan bahwa adanya “Kedai Kita” ini diharapkan bisa memberikan andil dalam mengendalikan kestabilan harga kebutuhan pokok.

“Sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditentukan oleh Bulog bersama TPID, jadi memang dengan hadirnya “Kedai Kita” bukan berarti bersaing dengan gerai-gerai yang di pasar ini, karena secara harga kita ikuti ketentuan dari HET tersebut,” pungkasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN