Aneka Jajanan Pasar yang Diam-Diam Punya Kalori Tinggi, Yuk Dihitung

Ilustrasi Kue. (Foto: Reuters)
agregasi
agregasi

 

SAAT berbuka puasa biasanya kita akan mengawali dengan makanan yang manis. Sebagian besar dari mereka rela berkeliling sambil ngabuburit untuk mencari dan membeli kue-kue tradisional atau semacamnya.

Padahal, kue-kue yang rasanya manis tersebut, memiliki kandungan gula dan kalori berbeda-beda, di antaranya bahkan punya kalori yang cukup tinggi tanpa kita sadari.

Dari pemaparan, Dr.dr.Em Yunir, SpPD-KEMD, Sekretaris Jenderal Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), dalam kesempatan Diskusi Media Kampanye Novo Nordisk Diabetes dan Ramadan, berikut daftar menu sajian berbuka puasa lengkap dengan kalorinya, yang perlu Anda perhitungkan agar gula darah tetap stabil.

1. Klepon

Advertisement

(Foto: selerarasa)

Kue bulat berwarna hijau dengan topping taburan kelapa parut ini memang paling enak disantap saat berbuka puasa. Isi gula merahnya yang meleleh saat digigit akan memenuhi rongga mulut dan memanjakan lidah penikmatnya. Namun, Anda harus waspada, karena kandungan kalori dalam 5 buah kue klepon seberat 100 gram mencapai 206.

2. Kue lumpur

(Foto: Shareresepkucom)

Selain kelepon kue lumpur juga biasanya tidak pernah absen di atas meja makan saat berbuka puasa tiba. Sayangnya kue yang enak ini memiliki kadar kalori lebih tinggi dari kelepon, karena dalam 2 buah kue lumpur terdapat kalori sebesar 250.

Lapis legit paling nikmat dimakan dengan ditemani secangkir teh atau kopi. Kue berwarna cokelat berlapis tersebut memiliki 388 kalori setiap 3 potongnya yang seberat 100 gram.

4. Lupis ketan

(Foto: Tokopedia)

Panganan tradisional yang juga berwarna kehijauan ini selalu dicari oleh masyarakat saat ngabuburit. Dengan diguyur saus gula merah, lupis ketan yang legit dan gurih dengan rasa manis sausnya akan membuat lidah menari-nari saat berbuka puasa. Namun, perlu diingat karena kalori pada kue lupis ketan mencapai 163 kalori dalam satu potongnya, sementara Anda tidak mungkin hanya makan satu potong, bukan?

5. Onde-onde

(Foto: Shutterstock)

Mirip-mirip dengan kelepon, onde-onde yang rasanya manis dan berbentuk bulat pun jadi kue tradisional yang tidak pernah bosan memanjakan lidah para penikmatnya. Terlebih seperti Ramadan sekarang, onde-onde kerap dijadikan camilan atau takjil ketika waktu berbuka puasa tiba, padahal jumlah kalorinya mencapai 200 dalam setiap satu buahnya yang seberat 85 gram.