Telap Uang Perusahaan, Khairul Masuk Bui

WOL Photo/Gacok

MEDAN, Waspada.co.id – Dua tahun bekerja sebagai karyawan PT Capella Medan, Khairul Latif (33) langsung nekat berbuat curang di perusahaan. Tanpa pikir panjang, uang setoran konsumen sejumlah Rp43 juta ditilepnya.

Kapolsek Medan Sunggal, Kompol Wira Prayatna SH SIK MH, kepada Waspada Senin (23/4), mengatakan tersangka Khairul bertugas sebagai penagih uang servis mobil pada konsumen (Collector) di PT Capella Medan sejak dua tahun. Namun dua bulan belakangan, pihak perusahaan bingung lantaran Khairul tak kunjung menyetor uang tagihan yang telah dikutipnya dari PT Altrax dan PT Garda Bhakti Nusantara.

“Setelah dicek pada konsumen, ternyata uang sudah disetor pada tersangka. Selanjutnya perusahaan memanggil tersangka guna menanyakan uang setoran tersebut,” ujar Kapolsek.

Dikatakan, ketika diinterogasi pihak perusahaan, tersangka mengaku menggunakan uang setoran tersebut untuk biaya berobat ibunya dan keperluan sehari-hari. Sejak saat itu tersangka langsung berhenti bekerja di PT Capella Medan.

“Karena tak terima, pihak perusahaan langsung melaporkan tersangka ke Polsek Sunggal. Dan semalam (Minggu) tersangka kita amankan di kawasan Tanjung Anom,” ujarnya.

Advertisement

Selain tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti 29 kwitansi tagihan pada konsumen yang diberikan perusahaan padanya.

“Tersangka masih kita periksa secara intensif guna kita dalami apa masih ada keterlibatan orang lain. Tersangka kita jerat Pasal 374 KUHPidana dan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” tukasnya. (wol/gacok/data2)

Editor: SASTROY BANGUN