Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda, RRI Gelar Konser Kebangsaan Serenada Indonesia

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id–  Setelah sukses menggelar Konser Kebangsaan di enam kota di Indonesia pada 2017, Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) kembali menggelar Konser Kebangsaan di Medan, Rabu (25/4/2018).

Direktur Program dan Produksi LPP RRI, Soleman Yusuf mengatakan, Kota Medan dipilih menjadi lokasi pertama Konser Kebangsaan pertama tahun 2018, karena Medan merupakan miniatur Indonesia.

“Medan itu miniatur Indonesia,multi etnis tapi rukun dan damai.Itu alasan kita pilih Medan menjadi lokasi Konser Kebangsaan pertama tahun 2018 ini,” kata Soleman Yusuf dalam temu pers di Kantor LPP RRI Medan, Selasa (24/4).

Soleman menuturkan, Konser Kebangsaan ini Konser Kebangsaan ini bukan sekedar pagelaran musik atau hiburan semata, tetapi ada pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat, terutama pada generasi muda.

“Ada pesan yang ingin disampaikan terutama untuk generasi muda soal keberagaman. Bagaimana menanamkan ideologi dan rasa nasionalisme itu. Konser ini dimaksudkan untuk memberikan semacam motivasi, semangat baru, energi baru, terutama kepada generasi muda Indonesia melalui pesan-pesan tentang kebangsaan. Tetapi dikemas dalam sesuatu yang lebih menghibur, yang bisa dicerna oleh generasi muda. Itulah makna Konser Kebangsaan,” tegas Soleman.

Advertisement

Konser Kebangsaan RRI 2018 di Medan bertajuk Serenada Indonesa atau puji-pujian untuk Indonesia melalui lagu.

“Hanya lagu-lagu yang dipilih adalah lagu-lagu yang bernuansa kebangsaan atau kedaerahan atau rasa nasionalisme, juga dipadu dengan lagu-lagu yang sekarang ini lebih ngetren dikalangan anak muda,” kata Soleman.

Kepala Stasiun LPP RRI Medan, Nawir menambahkan, LPP RRI Medan telah melakukan persiapan maksimal dalam melaksanakan Konser Kebangsaan ini.

“Kami yakin dan percaya panitia sudah bekerja maksimal, sehingga apa yang sudah diprogramkan terlaksana dengan baik. Kami berharap masyarakat Kota Medan bisa datang sehingga konser ini meriah. Karena tanpa dukungan publik, konser ini tidak ada artinya,” kata Nawir.

Nawir juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya Konser Kebangsaan Serenada Indonesia. Terutama Kementerian Komunikasi dan Informasi, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Kota Medan, dan Telkom.

Konser Kebangsaan RRI 2018 Serenada Indonesia akan digelar di Medan Internasional Convention Center (MICC), Rabu (25/4/2018) malam dan dimeriahkan sejumlah penyanyi, yakni Fatin Sidqia Lubis, Virza, dan Vicky Sianipar serta dua penyanyi juara Bintang Radio 2017 yakni Willy Lawalata dan Riska Wulandari. Para penyanyi akan diiringi musik Etnic Combo Toto n Star featuring Martahan Sitohang dan Dompak Tambunan.

Sebelum konser, akan digelar Dialog Kebangsaan dengan narasumber utama Kepala Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Yudi Latif dan Direktur Utama LPP RRI M Rohanudin.(wol/data1)

Editor: RIDIN