Mendagri Tegaskan Presiden Jokowi Tak Akan Pakai Pesawat Kepresidenan saat Kampanye

klimg.com
agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menjelaskan, bahwa pemakaian pesawat kepresidenan saat kampanye calon presiden akan menggunakan acuan yang sudah ada sebelumnya.

“Kita lihat kemarin file bagaimana zaman Pak Susilo Bambang Yudhoyono sampai ke zaman ibu Mega. Itu kita jadikan acuan,” kata Tjahjo di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Tjahjo melanjutkan, mengenai pesawat kepresidenan adalah bagian dari pengamanan seorang presiden. Tetapi dirinya setuju saat sedang kampanye bisa memakai pesawat yang lain.

“Iya dong Tapi kalau kampanye menurut saya harus menggunakan pesawat lain,” jelasnya.

Advertisement

Politisi PDIP ini juga menjelaskan bahwa aturan penggunaan pesawat kepresidenan dalam kampanye akan diatur secara detil dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Serta pohak Seketariat Negara (Setneg) akan melakukan konsultasi dengan KPU.

“Cukup PKPU. Nanti kita tunggu. Kan baru tahap awal. Nanti pak Mensetneg yang akan konsultasi detail dengan pihak KPU,” jelasnya.

Ia pun juga meyakini, Presiden Jokowi yang akan maju kembali di Pilpres 2019 nantinya di dalam masa kampanye tidak akan menggunakan pesawat kepresidenan.

“Saya yakin pak Jokowi enggak akan mau kampanye menggunakan pesawat Presiden,” tegasnya.