DPT Pilgubsu 9.052.529 Jiwa, Pengetahuan Masyarakat Minim

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) telah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018 sebanyak 9.052.529 jiwa. Penetapan jumlah DPT ini dilakukan melalui Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPT Tingkat Provinsi yang digelar KPU Sumut di Hotel Adi Mulia Jalan P Diponegoro Medan, Sabtu (21/4) lalu. Tercatat, jumlah pemilih Pilgubsu 2018 yang paling banyak berada di Kota Medan dengan jumlah 1.520.301 jiwa dan Kabupaten Deliserdang 1.165.765 jiwa.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumatera Utara, Muchri Fauzy Hafiz, meyabutkan KPU Sumut harus melakukan berbagai upaya untuk mendongkrak langsung pengetahuan masyarakat tentang agenda politik lima tahunan tersebut. “Dan itu menjadi hal yang harus segera dilakukan mengingat hari pencoblosan tidak lebih dari dua bulan kedepan karena masyarakat masih minm mengetahui jadwal pencoblosan,” ujar Muhri Fauzi.

Terkait hasil data hasil survey Lingkaran Survey Indonesia (LSI) 11-15 April 2018 lalu yang menyebutkan bahwa hanya 49 persen dari pemilih yang mengetahui jadwal pencoblosan Pilgubsu 2018, menurut Muhri, hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan guna evaluasi program yang dilakukan oleh KPU Sumut,” katanya.

Muhri menjelaskan, titik persoalan atas minimnya pengetahuan masyarakat terhadap jadwal Pilgubsu 2018 ada pada KPU Sumatera Utara. Hal ini karena kewenangan dalam sosialisasi termasuk kampanye pasangan calon, sepenuhnya sudah diatur menjadi kewenangan mereka sesuai aturan UU Pemilu. Dalam hal inilah ia meminta agar KPU Sumatera Utara tidak lagi terfokus pada acara yang sifatnya seremonial, melainkan langsung turun melihat persoalan yang menyebabkan minimnya pengetahuan masyarakat tentang Pilgubsu 2018 tersebut.

“Kalau masih berkutat pada acara seremonial, saya sangat pesimis KPU Sumut akan mampu meningkatkan partisipasi,” katanya. (wol/data2)

Advertisement

Editor: RIDIN