Warga Sipirok Kenang DL Sitorus Berangkatkan Haji dan Umroh

WOL Photo/Ist
Iklan

SIPIROK, WOL – Suasana haru bercampur bahagia menyambut kedatangan Sihar Sitorus di Desa Panguraban, Kecamatan Sipirok terlihat di wajah masyarakat yang sudah lama menunggunya. Beberapa saat setelah tiba, Sihar langsung dikerumuni warga untuk berjabat tangan.

Bahkan beberapa orang kaum ibu menyambut Sihar di ujung jalan masuk menuju Desa Pangurabaan, Sipirok, sembari meneriakkan “Horas…!”

Bagi warga yang tinggal di perkampungan Pahlawan Nasional Pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Lafran Pane tersebut, Sihar Sitorus bukanlah orang asing. Sebab Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara (Sumut) yang merupakan keturunan Pane masih memiliki kekerabatan dengan warga di desa tersebut. Bahkan mulai dari orangtua Sihar Sitorus, yakni pengusaha DL Sitorus sudah membangun silaturahmi dengan mereka sejak lama.

“Kalau dulu DL Sitorus selalu datang ke sini, karena kami memang masih saudara. Karena itu ketika beliau meninggal, kami juga masih terlibat dalam acara adatnya dan ikut hadir di pemakamannya di Parsambilan, Tobasa,” terang salah satu tokoh masyarakat Riadi Pane, Rabu (7/3) di Sipirok.

Riadi mengatakan, bahwa kekerabatan yang dibangun keluarga Sihar Sitorus kepada mereka sangat baik. Bahkan dulu semasa hidup, orangtua Sihar Sitorus banyak memberangkatkan keluarga mereka untuk menjalankan ibadah haji dan umrah. Termasuk dia sendiri selaku salah satu keturunan Pane di desa tersebut.

iklan

“Banyak yang sudah naik haji dan umroh, puluhan orang sudah diberangkatkan keluarga Sihar. Termasuk kami satu keluarga. Kalau di sini kami menggunakan Pane, sementara Sihar menggunakan Sitorus Pane. Dan kami lah kerabat terdekatnya,”  terang Riadi.

Meskipun mereka berbeda agama, namun silaturahmi dan kekeluargaan tetap terjaga dengan baik. Karena menurut Riadi, keluarga Sihar Sitorus sangat toleran dan tidak pernah mengelompokkan atas dasar perbedaan agama. “Karena itu kami jauh dari konflik berbau SARA. Kami keluarga, bahkan dalam acara pertemuan dengan Sihar hari ini pun kami melibatkan kerabat kami yang non-muslim,” jelasnya. (wol/ags/djs/data2)

Editor: Agus Utama

Iklan