Upsus Swasembada Pangan, Kodim 0113 Bahas LTT dan Sergap

Dandim 0113/Gayo Lues Letkol Inf. Muhammad Faisal Nasution, saat menjelaskan kepada sejumlah kelompok tani Binaan Dinas Pertanian dan Kodim 0113, tentang lanjutan program Upsus, LTT dan Sergap tahun 2018, di Aula Makodim 0113/Gayo Lues, Selasa (20/3). (WOL Photo/Bustanuddin)
Iklan

BLANGKEJEREN, WOL – Komandan Kodim 0113/Gayo Lues, Letkol Inf. Muhammad Faizal Nasution SIP, memimpin Rapat Koordinasi upaya khusus pencapaian swasembada pangan (Upsus), meliputi Luas Tambah Tanam (LTT) dan Serapan Gabah Petani (Sergap) di Aula Makodim setempat, Selasa (20/3).

Dandim 0113/Gayo Lues, dalam sambutannya, mengatakan pihak Kodim 0113  mengundang masyarakat petani sebagai upaya melakukan koordinasi dalam pencocokan data hasil panen, LTT dan Sergap antara petani, Dinas Pertanian dan para Babinsa yang bertugas di lapangan.

Dijelaskan, bahwa kerjasama TNI bersama Kementerian Pertanian yang dimulai sejak tahun 2015 hingga 2017, telah mencapai hasil cukup memuaskan. “Melalui program Upsus dinilai berhasil dengan meningkatnya hasil gabah petani serta pengendalian hama bisa diatasi, melalui teknologi pertanian,” kata Dandim.

“Dalam Tahun Anggaran 2018, program ini masih berlanjut, sesuai hasil sinkronisasi pelaporan data LTT ke Pemerintah Pusat, telah didapat hasil yang cukup konkrit serta menjadi solusi terdepan sebagai bahan pelaporan sesuai permintaan Pemerintah Pusat,” jelas  Dandim.

Saat ini tengah diupayakan strategi pertahanan pangan ke depan yaitu fokus pada pencapaian LTT, hal ini sesuai target agar Sergap semakin meningkat dan berkualitas ekspor. Upaya peningkatan hasil panen tersebut, akan diatasi dengan solusi memberikan pupuk tanah cair Bios 44 kepada petani melalui kelompok tani masing-masing.

iklan

Sebagai pembanding, Kodim 0113 bekerjasama dengan Dinas Pertanian Gayo Lues, sudah menyiapkan beberapa lahan percontohan. Bila hasil panen nanti meningkat dari sebelumnya, maka pihaknya sudah mempersiapkan pupuk cair Bios 44 yang ada di Makodim untuk para petani.

“Jika perlu kita akan perbanyak agar jangkauan lahannya semakin luas, dan target Serapan Gabah Petani semakin meningkat dan berkualitas,” jelas Dandim.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kadis Pertanian Gayo Lues, yang diwakili oleh Kabid Penyuluh, Kepala Bulog Sub Divre Kutacane Hamdani, seluruh anggota PPL Dinas Pertanian dan sejumlah kelompok tani, Danramil, serta Babinsa dalam Jajaran  Kodim 0113/Gayo Lues. (wol/bus/data2)

Editor: Agus Utama

Iklan