Sabtu Depan Sungai di Kota Medan Akan Dibersihkan

WOL Photo
Iklan

MEDAN, WOL – Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, pimpin rapat pelaksanaan Launching Sholat Subuh berjemaah bagi Remaja se-Kota Medan dan juga bersih-bersih sungai di Kota Medan, Jumat (16/3) di Balai Kota.

Pada rapat, Wakil Wali Kota menyebutkan keberadaan sungai-sungai di wilayah Kota Medan sudah cukup memperihatinkan tentang volume sampahnya. Untuk itu Pemerintah Kota Medan akan melakukan gotong-royong pembersihan sampah di 3 alur sungai yaitu Sungai Babura, Sungai Deli dan Sungai Kera, hari Sabtu (24/3) mendatang.

“Untuk Pembersihan sungai ini, diharapkan peran Kepala Lingkungan (Kepling) dapat memberikan sosialisasikan kepada masyarakat sekaligus untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan terutama pada sungai-sungai yang ada di Kota Medan, akan tetapi buanglah sampah tersebut pada tempatnya yang sudah disediakan oleh Pemko Medan,” harap Wakil Wali Kota.

Pembersihan Sungai ini akan dimulai dari hulu sampai kehilir dan melibatkan P3SU, UPT PU, komunitas-komunitas peduli sungai, Pramuka Peduli Lingkungan, seluruh camat, lurah, seluruh Kepling dan masyarakat terutama yang bermukim di bantaran sungai.

Kecamatan-kecamatan yang akan melakukan pembersihan Sungai Babura, yakni Kecamatan Medan Tuntungan, Medan Baru, Medan Selayang, Medan Sunggal dan Kecamatan Medan Helvetia. Sedangkan untuk Sungai Deli, yaitu Kecamatan Medan Johor, Medan Maimun, Medan Barat, Medan Deli, Medan Belawan, Medan Petisah, Medan Labuhan, Medan Marelan, Medan Polonia, dan Medan Amplas. Untuk Sungai Kera melibatkan Kecamatan Medan Denai, Medan Tembung, Medan Area, Medan Perjuangan, dan Medan Kota.

iklan

Wakil Wali Kota, sebelumnya telah memimpin rapat tentang pelaksanaan me-launching sholat subuh berjamaah bagi remaja se-Kota Medan yang berjumlah 1200 orang. Pelaksanaan launching ini di rencanakan pada hari Jum’at (23/3), di Masjid Raya Al Mashum Jalan SM Raja Medan. Setelah selesai Sholat Subuh akan dilanjutkan tausiyah atau ceramah agama.

Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan launching sholat subuh ini, tentunya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan harus mendukung sepenuhnya. Misalkan Satpol PP harus mengamankan acara selama kegiatan berlangsung dan membantu penataan dan pengamanan parkir peserta.

“Dinas Kominfo harus memasang spanduk acara di tempat-tempat startegis. Memasang backdrop serta dapat mensosialisasikannya. Sedangkan Dinas Perhubungan harus bertanggung jawab terhadap kelancaran lalulintas di sekitar lokasi serta mengatur parkir,” pungkasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan