Polrestabes Belum Terapkan Larangan Merokok dan Mendengar Musik Bagi Pengendara

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto. (WOL Photo)

MEDAN, WOL – Masyarakat Kota Medan saat ini masih bebas berkendara sambil merokok dan mendengarkan musik.

Pasalnya, Polrestabes Medan belum menerapkan larangan mendengarkan musik dan merokok yang dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara. Peraturan itu sesuai Pasal 283 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Sampai saat ini belum ada. Kalau diterapkan akan dibahas dan disosialisasikan kepada masyarakat khususnya pengendara,” ungkap Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, kepada Waspada Online, Minggu (4/3) malam.

Hal senada juga disampaikan Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Muhammad Saleh, yang mengaku sampai saat ini Sat Lantas Polrestabes belum memberikan sanksi kepada pengendara yang merokok dan mendengarkan musik tersebut.

“Belum ada instruksinya. Itu, masih di Polda Metro Jaya,” ujarnya.

Advertisement

Diketahui, masyarakat serta pengguna media sosial (netizen) dihebohkan adanya aturan dari Polda Metro Jaya tentang larangan merokok dan mendengarkan musik saat berkendara di jalanan.

Polisi sempat mengatakan mendengarkan musik atau merokok sambil mengemudi bisa terancam pidana tiga bulan penjara. Namun tak lama, polisi membantahnya.

” Nggak ada (larangan),” kata Kabid Humas Polda Metro, Kombes Jaya Raden Prabowo Argo Yuwono. (wol/lvz/data1)

Editor: Agus Utama