KPU Sumut Jamin HaK Pilih Penyandang Disabilitas di Pilgubsu

Ketua KPU Sumut Mulia Banurea. (WOL Photo)

MEDAN, WOL – Penyandang disabilitas (cacat) akan dijamin hak pilhnya dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 27 Juni 2018 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut berkoordinasi dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) agar para penyandang disabilitas dapat mudah menggunakan hak pilihnya di TPS.

“Kami KPU Sumut bersama KPPS nantinya memberikan ruang khusus di setiap TPS untuk penyandang disabiltas menggunakan hak pilihnya,” kata Ketua KPU Sumut Mulia Banurea kepada Waspada Online, Senin (5/3)

Mulia juga mengatakan, para penyandang disabilitas akan diberi akses dan keyamanan dalam Pilgubsu mendatang. “Kami berkoordinasi dengan KPPS agar nantinya TPS yang dibangun tidak melewati parit, tidak membangun tempat TPS yang curam dan tinggi, kemudian pintu masuk bisa dilalui kursi roda dan bilik suara bisa nyaman digunakan oleh penyandang disabilitas ,” kata Mulia.

Penyandang disabilitas kata Mulia dalam menggunakan hak pilihnya diatur dalam PKPU No 9 Tahun 2017.  “Pada hakekatnya KPU Sumut berkewajiban memfasilitasi masyarakat pemilih agar merasa nyaman,” ujarnya.

KPU Sumut kata Mulia belum menentukan TPS, daftar pemilihan sementara ( DPS) belum ditetapkan, Saat ini asih tahap pencocokan data dan penelitian (Coklit).

Advertisement

“Pada intinya setiap TPS akan disiapkan untuk penyandang disabilitas. Siang ini kami dengan penyandang disabilitas melakukan sosialisasi di Hotel Arya Duta Medan,” katanya. (wol/data2)

Editor : RIDIN