Cawapres Jokowi Masih Tahap Pertimbangan

Presiden Joko Widodo
Iklan

JAKARTA, WOL – Peneliti CSIS, Arya Fernandes menilai Joko Widodo (Jokowi) pasti masih mempertimbangkan memilih pendamping calon Wakil Presiden RI untuk Pemilu Presiden 2019.

Menurut dia, untuk melakukan pertimbangan pasangan itu akan sangat kompleks seperti penerimaan sosok oleh koalisi, pertimbangan PDI Perjuangan dan pertimbangan representasi wilayah timur, tengah dan barat.

“Ini memang banyak variabel juga penerimaan publik seberapa besar tokoh tersebut memberikan efek suara,” kata Arya, Selasa (27/3).

Namun, Arya mengaku belum bisa menjawab mengenai kriteria untuk balal calon Wakil Presiden pendamping Jokowi nanti. Menurut dia, sekarang ini beliau masih menimbang dan menjajaki partai-partai politik.

“Misalnya dengan Airlangga Hartarto (Ketua Umum Partai Golkar), M Romahurmuziy (Ketua Umum PPP) serta Muhaimin Iskandar (Ketua Umum PKB),” ujarnya.

iklan

Jadi, kata Arya, Jokowi sepertinya masih memberikan kesempatan kepada siapa pun dan tidak memberi keistimewaan terhadap siapa pun. Tampaknya, siapa yang layak mendampingi tergantung tingkat kompetisinya.

“Jika jarak dengan penantangnya dekat 5 persen atau 10 persen misalnya, tentu akan memilih tokoh Islam menjadi pendamping untuk merebut masa Islam,” tandasnya. (inilah/ags/data2)

Iklan