BBPOM Tarik 501 Produk Brand Hoki Mengandung Cacing

foto: Istimewa

MEDAN, WOL – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Medan menarik 501 kaleng ikan sarden Hoki Brand yang mengandung cacing.

“Sudah kita tarik peredaran sebanyak 501 kaleng Brand Hoki (ikan sarden) yang mengandung cacing dari 20 swalayan di Kota Medan,” ungkap Kepala BBPOM Medan, Sacramento Tarigan, Minggu (25/3).

Sacramento menjelaskan BBPOM juga akan tetap melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terkait peredaran untuk memastikan pelaksanaan penarikan.

“Tindaklanjut di daerah adalah memverifikasi kepastian pelaksanaan penarikan tersebut oleh produsen atau distributornya. Karena mereka yang tahu persis kemana peredaran produknya. Namun kita tetap monitoring dan evaluasi peredaran,” jelasnya.

Kepala BBPOM Medan mengungkapkan produk ikan kaleng yang bermasalah cacing merupakan produk import. Sebab Infektor cacing itu ada dan terbawa oleh bahan baku ikannya.

Advertisement

Selain itu, bagi penjual eceran agar produknya dimusnahkan atau dikembalikan ke agen. Bila agen menolak agar dilaporkan ke BBPOM..

“Masyarakat dihimbau tetap tenang dan lebih kreatif memilih dan mengecek produk yang dibeli atau dikonsumsi. Bila ada produk makanan yang dicurigai atau diragukan bisa dilaporkan,” imbau Sacramento. (wol/lvz/data2)

Editor: Agus Utama