Klub Terbaik di Dunia Tak Berkutik

foto: realmadrid
Iklan

MADRID, WOL – Duel el clasico antara Real Madrid dan Barcelona ternyata tidak seketat perkiraan. Tanpa diduga, Madrid dipaksa menyerah 0-3 di Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12) malam.

Kekalahan ini terasa menyakitkan bagi Madrid yang berstatus sebagai klub terbaik di dunia dengan lima trofi sepanjang tahun 2017. Tampil solid sepanjang 45 menit pertama, pertahanan Sergio Ramos cs mudah ditembus Barca yang hanya mengandalkan Lionel Messi dan Luis Suarez di lini depan.

Akibatnya, Madrid terlalu percaya diri di awal babak kedua dan memudahkan Barca mencuri gol pembuka. Menit 54, umpan terobosan Messi dengan baik dimanfaatkan oleh Suarez yang berdiri tak terkawal di sisi kanan pertahanan Keylor Navas.

Masuknya Marco Asensio dan Gareth Bale sempat memberi tambahan daya serang bagi Madrid. Akan tetapi, handsball Dani Carvajal memaksa wasit memberinya kartu merah dan hadiah penalti bagi tim tamu.

Dengan kaki kiri andalannya, Messi memperbesar keunggulan tim asuhan Ernesto Valverde. Memasuki injury time, Madrid harus menanggung malu ketika Aleix Vidal membobol gawang pasukan Zinedine Zidane untuk ketiga kali.

iklan

Selain ketiga gol Barca, kemenangan ini juga dipengaruhi oleh kegemilangan kiper Marc-Andre ter Stegen. Tercatat, kiper asal Jerman ini mampu menangkis peluang demi peluang Madrid dari kaki Cristiano Ronaldo, Sergio Ramos, dan Gareth Bale.

Praktis, kemenangan ini memperkuat sinyal Barca menjadi favorit juara La Liga musim ini dengan selisih 14 poin dari Madrid. Los Blancos sendiri hampir dipastikan gagal mempertahankan gelar juara. (wol/aa)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan