Guardiola Terseret Kasus Politik Catalan

foto: dailymail

MADRID, WOL – Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, terseret kasus politik kemerdekaan Catalan yang terjadi beberapa waktu lalu. Namanya masuk dalam daftar orang yang bakal diinvestigasi oleh kepolisian Spanyol.

Guardiola dicurigai tergabung dalam gerakan tokoh-tokoh yang ingin Catalan merdeka dari Spanyol. Hal itu dianggap sebagai sebuah kegiatan ilegal oleh pemerintah. Kegiatan yang melibatkan Guardiola terjadi pada 11 Juni lalu kala membacakan manifesto tuntutan Catalan merdeka yang memicu gerakan mobilisasi massa.

“Manifesto dibacakan oleh Pep Guardiola dan setelah selesai pendukung bergerak untuk demonstrasi kemerdekaan,” demikian isi laporan investigasi, Jumat (22/12).

Karena keterlibatan tersebut, Pep terancam diseret ke pengadilan oleh pemerintah Spanyol dengan tuduhan makar. Namanya tergabung bersama tokoh politik Catalan lainnya yang sudah lebih dahulu diinvestigasi.

Jika terbukti memang terlibat, pelatih The Citizens berusia 46 tahun itu kemungkinan besar bakal dipenjara. Pasalnya, pemerintah Spanyol sudah tak bisa menolerir lagi kasus makar di Catalan.(wol/aa/thesun/data1)

Advertisement

Editor: AUSTIN TUMENGKOL