4 terdakwa Kurir Sabu 39 Kg Dituntut Seumur Hidup

WOL Photo/Ega Ibra
Iklan

MEDAN, WOL – Empat terdakwa kurir sabu seberat 39 kg jaringan internasional yakni, Andri Maulana, Dedi alias Geucik alias Frend, Zakaria, dan Arijal alias Heri, dituntut hukuman penjara seumur hidup oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang agenda tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (5/12).

Dalam amar tuntutannya, JPU, Joice Sinaga, menuntut keempat terdakwa seumur hidup karena terbukti melanggar Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) Undang Undang Nomor. 35 Tahun 2009 Tentang Pemberantasan Narkotika.

Diketahui, sebelumnya JPU Joice juga telah menuntut dua orang terdakwa lainnya dalam kasus ini, yakni Saiful alias Juned dan Mulyadi alias Adi seumur hidup pada sidang berbeda pada, Rabu (29/11) lalu di PN Medan.

Perlu untuk dikabarkan, jalannya sidang keempat terdakwa ini selalu mengalami penundaan dengan alasan JPU berkas rencana tuntutan belum siap dan diketahui masa tahanan akan berakhir esok, Rabu (6/12).

Kemudian, dalam persidangan, menanggapi masa tahanan yang akan berakhir ketua majelis Erintuah Damanik SH MH, menyatakan kepada JPU harus segera melakukan banding setelah sidang putusan.

iklan

“Penuntut umum harus segera menyatakan banding dan bila tidak dilakukan maka keenam kurir sabu internasional ini bisa bebas demi hukum,” ucapnya kepada JPU pada persidangan yang berlangsung di Ruang Cakar VI PN Medan.

Setelah menyatakan hal tersebut, Erintuah pun menutup persidangan dan akan dilanjutkan besok dengan agenda pembacaan putusan.

Sekedar mengingatkan, adapun keenam terdakwa tersebut sebelum ditangkap Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat, sabu seberat 39 kg dibawa oleh Apadin (DPO) dari Malaysia menuju Aceh. Kemudian dari Aceh menuju Medan dibawa oleh Muliadi dan Rizwan yang telah ditembak mati.

Setelah barang haram tersebut sampai di Kota Medan, Kecamatan Medan Sunggal tepatnya di Jalan TB Simatupang, kemudian BNN melakukan penangkapan terhadap para terdakwa.(wol/iam/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan