4 Rekan Toge Divonis 20 Tahun Penjara

WOL Photo/Ilham

MEDAN, WOL – Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan menjatuhi hukuman 20 tahun penjara kepada empat orang terdakwa rekan Togiman alias Toge pengendali bisnis sabu seberat 26k Kg dari dalam Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Lubuk Pakam, Rabu (20/12).

Adapun majelis hakim yang diketuai hakim Saidin Bagariang SH MH memvonis empat terdakwa Thomson Hutabarat berstatus terpidana dan tiga lainnya berperan sebagi kurir di luar penjara, yakni Abdul alias Edo, Wagimun, dan Sugiarto.

“Pasal 114 ayat (2) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah memiliki dan menguasai narkotika golongan I bukan tanaman dengan jumlah lebih dari 5 gram,” ucap Saidin di persidangan yang dilangsungkan di ruang Kartika PN Medan.

Sebelumnya, pada sidang  tuntutan, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Dewi Telihorang menuntut keempatnya, hukuman penjara seumur hidup.

Kemudian, menanggapi putusan hakim yang lebih rendah dari tuntutan JPU mereka dihukum penjara seumur hidup. Menyikapi vonis keempat terdakwa, JPU menyatakan pikir-pikir. Hal yang sama juga disampaikan empat terdakwa melalui kuasa hukumnya.

Advertisement

Perlu untuk diketahu, kasus ini terungkap saat Abdul, Wagimun, dan Sugiarto diringkus petugas Badan Narkotika Nasiona (BNN) di Jalan Gatot Subroto, Medan, dekat pool bus Kurnia, Minggu (14/5) lalu dan mengamankan sabu seberat 26 Kg.

Berdasarkan hasil pengembangan, diketahui pula sabu tersebut ternyata dikendalikan oleh Toge dari dalam Lapas Lubuk Pakam. Tidak hanya itu, dari dalam Lapas Toge dibantu Thomson Hutabarat yang juga narapidana narkotika di Lapas Tanjung Gusta Medan, yang berperan mencari pembeli sabu.(wol/iam)

Editor: SASTROY BANGUN