Jeddah dan Mekah Banjir Banjir Akibat Hujan Lebat

Istimewa

JAKARTA, WOL – Otoritas Keamanan Meteorologi dan Lingkungan Kerajaan Arab Saudi memperingatkan warga di Jeddah dan daerah-daerah sekitarnya bahwa hujan akan terus mengguyur kota tersebut. Akibat hujan lebat, sebagian daerah mengalami banjir.

“Hujan akan terus berlanjut di Jeddah, sementara hujan lebat diperkirakan terjadi di Mekah dan Taif,” demikian pernyataan Otoritas cuaca Kerajaan yang diunggah melalui Twitter, seperti dilansir dari Arab News, Rabu (22/11).

Sebelumnya, hujan deras mengguyur sebagian besar wilayah Arab Saudi pada Selasa (21/11). Akibatnya, pihak berwenang terpaksa menutup sekolah dan universitas di beberapa bagian negara tersebut.

Di wilayah Mekah, direktorat mengumumkan di Twitter penangguhan kelas demi keselamatan siswa. Saat warga pergi ke jalan untuk menyaksikan hujan deras, Polisi Sipil lantas meminta mereka untuk menghindari daerah rawan banjir dan menghindari banjir di dekat sungai.

Sementara itu, pejabat pendidikan di Taif dan Jeddah mengumumkan bahwa semua sekolah akan ditutup karena cuaca hujan yang deras tersebut. Kantor berita negara Saudi Press Agency (SPA) juga melaporkan bahwa pihak berwenang telah menutup enam terowongan di Jeddah yang dibanjiri air karena hujan lebat. Hujan dan badai petir diperkirakan terjadi di daerah Madinah dan Mekah, termasuk daerah pesisir, serta pegunungan Jazan, Asir, dan Baha.

Advertisement

Berikut salah satu video yang menggambarkan suasana banjir di salah satu ruas jalan di Jeddah, (21/11).(Arab News/republika/ags/data1)