Rapat Evaluasi, Wakil Wali Kota Medan Minta OPD Kerja Maksimal

WOL Photo

MEDAN, WOL – Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Medan, bekerja lebih maksimal dan terkoordinasi satu dengan lainnya. Hal ini dilakukan agar program pembangunan Kota Medan berjalan dengan baik dan masyarakat dapat merasakan hasil pembangunan.

Demikian hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Medan ketika memimpin rapat evaluasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di ruang Rapat I Kantor Wali Kota, Selasa (24/10).

Rapat Evaluasi ini diikuti seluruh pimpinan OPD yang ada di Kota Medan. Hadir pula Asisten Ekbang Qamarul Fattah, Kepala Inspektorat Kota Medan Farid Wajedi, dan Kepala Bappeda Wirya Alrahman.

Rapat evaluasi ini digelar selain mengevaluasi kinerja OPD di Triwulan III juga menindaklanjuti terkait sorotan Pemerintah Pusat terhadap Kota Medan, baik itu pembangunan Infrastruktur kota maupun pelayanan kepada masyarakat.

“Membangun Kota Medan itu adalah tugas kita bersama. Kita harus membantu Bapak Wali Kota, Dzulmi Eldin, untuk sama-sama membangun Kota Medan yang kita impikan. Untuk itu bagi OPD yang masih memiliki kendala dan kekurangan dalam mencapai progres kerjanya agar segera menemukan solusi guna percepatan capaian program kerja di tahun ini,” tekan Akhyar.

Advertisement

Wakil Wali Kota Akhyar Nasution dalam rapat tersebut menyoroti Dinas Pekerjaan Umum, di mana saat ini tengah menjadi sorotan publik, padahal pembangunan infrastruktur seperti jalan dan drainase tengah dilakukan. Untuk itu, Wakil Wali Kota menyarankan agar setiap pekerjaan, baik itu sebelum pengerjaan, proses pengerjaan dan selesai pengerjaan harus diberitahukan ke publik, hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui progres pembangunan kota.

“Dinas PU dapat berkoordinasi dengan Dinas Kominfo dan Bagian Humas untuk mempublikasikan capaian kinerja pembangunan infrastruktur kepada masyarakat. Artinya dengan mempublikasikan masyarakat dapat menilai dengan sendirinya kinerja Pemko Medan. Demikian juga untuk OPD lainnya,” kata Akhyar menyarankan.

Menurut Akhyar, OPD khususnya Dinas Kominfo dan Humas harus lebih kreatif dalam mengkemas dan mempublikasikan capaian kinerja dari masing-masing OPD. Demikian juga OPD juga harus mempersiapkan bahan apa yang harus dipublikasikan, untuk itu diperlukan koordinasi diantara OPD agar kinerja kita maksimal.

“Selain itu Dinas Kebersihan dan Pertamanan harus membuat terobosan untuk taman-taman kota guna menarik perhatian masyarakat. Lampu penerangan jalan juga menjadi fokus utama seperti di jalan Yos Sudarso yang menjadi keluhan masyarakat. Artinya setiap bentuk keluhan maupun masukan masyarakat segera ditindaklanjuti,” jelas Akhyar.

Kemudian Akhyar menjelaskan, apa yang telah menjadi capaian kinerja terbaik di masing-masing OPD seperti Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang telah mendapatkan apresiasi penuh dari KPK sebagai pelayanan terbaik harus dapat dipertahankan dan ditingkatkan agar Kota Medan menjadi kota percontohan penerapan tata kelola pemerintahan yang baik di Indonesia. Selain itu capaian tersebut juga harus dipublikasikan agar masyarakat mengetahuinya.

“Program E-Planning kita yang telah menjadi acuan untuk daerah lainnya juga harus diketahui masyarakat. Artinya masyarakat bukan hanya mengetahui kekurangan tetapi juga berhak tahu kemajuan pembangunan dan pelayanan yang diberikan Pemko Medan,” tukas Akhyar.(wol/mrz)

Editor: SASTROY BANGUN