Raker: Bangun Sinergitas Antara Legislatif dan Eksekutif

WOL Photo/M. Rizki
Iklan

PARAPAT, WOL – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menyambut baik digelarnya Rapat Kerja (Raker) DPRD Kota Medan dengan tema “Membangun Sinergitas Legislatif dan Eksekutif Dalam Percepatan Pembangunan Infrastruktur Kota Medan” yang digelar di Niagara Hotel, Parapat, 27 sampai 29 Oktober.

Melalui Raker ini diharapkan mampu meningkatkan sinergitas antara Pemerintah Kota (Pemko) Medan selaku eksekutif dan DPRD Kota Medan selaku legislatif dalam mempercepat pembangunan Kota Medan.

Menurutnya kegiatan ini dinilai sebagai salah satu program kerja yang cukup penting. Ia pun berharap program kerja yang dihasilkan akan semakin efektif dan optimal, guna mendukung penyelenggaraan fungsi anggaran, fungsi legislasi dan fungsi pengawasan DPRD Kota Medan yang semakin berdaya guna.

“Selain itu, melalui Raker ini diharapkan hubungan eksekutif dan legislatif semakin optimal dan sinergis. Hal ini sebagai wujud kemitraan yang semakin baik antara Pemko Medan dengan DPRD Medan,” ungkapnya sembari membuka Raker, Jumat (27/10) malam.

Ketua DPRD Kota Medan, Henry Jhon Hutagalung, mengungkapkan untuk mendukung kinerja Pemko Medan dalam melayani masyarakat, ia meminta kepada seluruh anggota dewan untuk memaksimalkan 3 fungsi DPRD Kota Medan, salah satunya fungsi pengawasan.

iklan

“Saya menyadari, masih banyak yang harus kita perbaiki dalam tugas kita sebagai anggota dewan. Fungsi legislasi, fungsi pengawasan dan fungsi anggaran harus kita maksimalkan lagi untuk membantu kerja Pemko,” ungkapnya.

Ditambahkan berbagai keluhan masyarakat yang muncul belakangan ini bukan hanya menjadi tanggungjawab Pemko Medan, namun juga menjadi tugas DPRD Kota Medan.

“Ada 3 fungsi dewan itu harus kita jalankan dengan baik. Kalau tidak, kita tidak bisa membantu Pemko Medan dalam mempercepat pembangunan infrastruktur dan melayani masyarakat,” pungkasnya.

Dalam laporan tanggung jawab panitia penyelenggara Sekretaris Dewan, Abdul Aziz, mengungkapkan tujuan digelarnya Raker tersebut sebagai terselenggaranya fungsi, tugas dan wewenang DPRD Kota Medan dalam mewujudkan penyelenggaraan Pemko Medan yang bersih dan berwibawa, serta terwujudnya masyarakat Kota Medan yang sesuai dan selaras dengan visi dan misi pembangunan Pemko Medan.

“Hasil Raker yang diharapkan adalah kesepakatan peserta Raker terhadap program-program prioritas yang akan dilaksanakan di 2018, mewujudkan kinerja yang sinergitas dalam penyelenggaraan pembangunan dan penguatan kapasitas institusional dalam melaksanakan tugas dan fungsi, guna mewujudkan institusi yang lebih kuat,” pungkasnya.(wol/mrz)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan