Kapolsek Medan Baru Targetkan Pasar Petisah Bebas Pungli

Kapolsek Medan Baru, Kompol Victor Ziliwu SIK SH MH (dua dari kiri) bersama pedagang bangunan lantai II tahap II, Pasar Petisah, terlihat akrab.(WOL. Photo/Gacok)

MEDAN, WOL – Kapolsek Medan Baru melakukan blusukan ke lantai II tahap II, Pasar Petisah, Medan, Sabtu (21/10).

Tampak Kapolsek Kompol Victor Ziliwu SIK SH MH, didampingi Kanit Sabhara AKP H Taslim SH, Kanit Intelkam AKP Basri Lubis SH, Panit I Reskrim Iptu Dwikora Tarigan SH, Panit I Binmas Ganefo Sembiring SH, Panit III Sabhara Ipda Carles SH, Kanit Provos S. Soebakti SH, Bhabin Kamtibmas Kelurahan Petisah Tengah Bripka Irwan Silitonga SH.

Dalam blusukan itu disambut Ketua Persatuan Pedagang Pasar Tradisional Sumatera Utara (P3TSU) yang diwakili Wakil Ketua Etika Mendrofa SH, Penasehat Pasar Petisah Gani Z, dan juga dihadiri seluruh pedagang maupun tukang jahit antara lain Sabar Zebua, Sarmadi, Syarial, dan Am.

Selain itu Kapolsek memgajak pedagang menjaga Kamtibmas dan apabila ada masalah keluhan tentang premanisme yang melakukan pungli segera lapor ke polsek karena dengan lokasi itu hanya beberapa meter dari Pasar Pertisah.

Dalam kaitannya, orang nomor satu di Polsek Medan Baru langsung mensosialisasikan aplikasi ‘Polisi Kita’ kepada para pedagang.

Advertisement

“Apabila ada gangguan secepatnya laporkan kepada kita melalui aplikasi Polisi Kita, supaya cepat ditindaklanjuti dan pasti pelakunya cepat ditangkap. Sebab negara kita adalah negara hukum,” pungkas mantan Kapolsek Medan Barat dan menambahkan target Pasar Petisah bebas dari pungli.

Direktur PT Gunung Karya Kencana Sentosa (GKKS), H Efendi Ginting SH selaku pengelola Pasar Petisah lantai I tahap II kepada Waspada Online, mengatakan pihaknya menyambut baik dengan kunjungan Kapolsek Medan Baru beserta jajarannya.

Efendi didampingi Kordinator Lapangan Erison Simarmata SH, menyatakan ini merupakan angin segar buat pedagang karena bagaikan ada perlindungan hukum.

“Gebrakan itu menciptakan suasana Kamtibmas di Pasar Petisah bisa tetap kondusif dan aman sesuai kita harapkan semua,” tuturya.

Secara terpisah, Sarmadi (47) penduduk Pasar XI Tembung,  selaku tukang jahit lantai II, Pajak Lama, Pasar Petisah, mengucapkan terimakasih dalam blusukan Kapolsek ke pedagang dan baru pertama kali Kapolsek Medan Baru berserta jajajarannya mau dekat dengan pedagang.

“Aku bekerja tukang jahit Pasar Petisah sejak tahun 1998 sampai saat ini, baru kali ini Kapolsek Medan Baru mau berkunjungi dan duduk bersama dengan pedagang,” tukasnya.(wol/gacok/data1)

Editor: SASTROY BANGUN