PWI Pusat: Sertifikasi Jaminan Wartawan Kompeten

WOL Photo
Iklan

MEDAN, WOL – Dalam rangka meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut menggelar Uji Kompetensi Wartawan di Rajawali Room Hotel Garuda Plaza Medan, Senin (18/9).

Kegiatan Safari Jurnalistik bertemakan “Profesional, Berwawasan, dan Beretika” ini turut didukung oleh PT Astra International dan PWI Pusat. Pembukaan dilakukan oleh Sekjen PWI Hendry CH Bangun didampingi Kabid Pendidikan Marah Sakti Siregar, Ketua PWI Sumut H Hermansjah, dan Yulian Warman selaku Head of Corporate Communications PT Astra International.

“Safari Jurnalistik ini juga program jalan pintas untuk meningkatkan profesionalitas, kualitas maupun kompetensi wartawan melalui penyegaran meliputi penulisan feature, jurnalisme investigasi serta pemahaman Kode Etik Jurnalistik (KEJ),” sebut Hendry Bangun.

Hal ini, lanjutnya, mengingat tingkat kelulusan di PWI sendiri hanya mencapai 85%. Disebutkan, PWI secara nasional memiliki 14-15 ribu anggota sehingga perlu peningkatan kompetensi secara berkesinambungan.

“Jadi sertifikasi kompetensi wartawan ini akan lebih menjadikan jurnalis itu sendiri lebih bertanggungjawab dan profesional plus menempatkan wartawan sesuai dengan kompetensinya, tidak berdasarkan usia, masa kerja atau senioritas,” papar Hendry lagi.

iklan

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), dalam hal ini diwakil Kadis Kominfo Provsu HM Fitriyus, menyambut baik kegiatan uji kompetensi wartawan dalam rangka mendukung Good Government dan Good Media. Hal ini mengingat maraknya perusahaan media yang masih sering mengabaikan profesionalitas dan etika.

“Kami berharap dengan pembekalan dan uji kompetensi ini, wartawan di Sumatera Utara lebih kompeten dan profesional menjalankan fungsi pers serta makin diakui dan diapresiasi oleh pemerintah maupun masyarakat,” kata Fitriyus sebagaimana harapan tertulis Gubsu.

Ketua PWI Sumut, H Hermansjah, mengemukakan peserta UKW Angkatan V Tahun 2017 terdiri atas 35 peserta, dengan rincian 28 wartawan muda dan tujuh wartawan madya dari berbagai media cetak dan online.

Sebelumnya, peserta mendapat pembekalan tentang jurnalisme investigasi yang disampaikan oleh Marah Sakti Siregar, lalu Kode Etik Jurnalistik (KEJ) oleh Widodo Asmowiyoto, Penulisan Feature (Artini Suparmo) serta Sertifikasi Wartawan dan UKW dari Hendry Bangun.(wol/aa/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan