Ombudsman dan MAN 1 Medan Doakan Muslim Rohingya

WOL Photo
Iklan

MEDAN, WOL – Peristiwa pembantaian besar-besaran secara sistematis terhadap satu suku (Genosida) Rohingya di Myanmar menyita perhatian seluruh dunia. Betapa tidak, banyak lansia, wanita bahkan anak-anak yang menjadi korban.

Atas kejadian tersebut Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Abyadi Siregar, saat menjadi pembina upacara di MAN 1 Medan, Senin (4/9), mengajak seluruh peserta upacara memanjatkan doa keselamatan bagi umat muslim Rohingya.

“Marilah kita memanjatkan doa untuk saudara-saudara kita, muslim Rohingya di Myanmar. Karena saat ini sedang terjadi tragedi kemanusiaan di sana,” tuturnya.

Abyadi mengaku prihatin atas apa yang diderita etnis Rohingya. Karena itu ia mengajak seluruh siswa, guru dan segenap pengelola Sekolah MAN 1 Medan untuk meringankan penderitaan warga Rohingya.

“Ini sebagai bentuk keprihatinan. Menurut saya peristiwa di Myanmar itu perlu mendapat perhatian publik karena kita melihat ada tindakan yang tidak berperikemanusiaan di sana. Lihat saja ada anak-anak dan orang tua menjadi korban. Mereka harus mendapat dukungan dari masyarakat dunia,” ujarnya.

iklan

Tidak hanya para siswa MAN 1 Medan, Abyadi juga berharap dukungan dari elemen masyarakat lain untuk mendoakan etnis Rohingya baik yang sudah meninggal maupun yang masih berjuang untuk hidup sekarang ini. Tak luput ia pun berterimakasih kepada pemerintah Indonesia yang dengan tegas mendesak pemerintah Myanmar untuk menghentikan tindakan brutal tersebut.

“Kita berharap Pemerintah Indonesia terus mengawal kasus ini dan kepada Pemerintah Myanmar segera menghentikan ini karena pemerintah seharusnya melindungi rakyatnya,” tukasnya.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan