Forkopimda Aceh Utara Peringati Hardikda ke 58

WOL Photo/chairul sya'ban
Iklan

LHOKSUKON,WOL – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Aceh Utara, menggelar upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) Aceh di lapangan Kecamatan Lhoksukon, Kamis (07/9).

Hardikda ke 58 ini turut mengusung tema ”Menuju Aceh Carong dan Islami”. Turut pula dihadiri Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf atau Sidom Peng, Perwakilan Kodim 0103/Aceh Utara, Korem 011 Lilawangsa, dan sejumlah Asisten, Kabid, dan Kabag.

Dalam amanatnya yang dibacakan Fauzi Yusuf, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, mengatakan Hardikda Aceh merupakan simbol ke-istimewaan bidang pendidikan yang ada di bumi Serambi Mekkah.

”Sejarah Hardikda tersebut diawali ketika para pemimpin Aceh meletakkan tonggak sejarah berdirinya Universitas Syiah Kuala, IAIN Ar-Raniry, dan Dayah Manyang Tgk. Chik Pante Kulu yang berada dalam satu wilayah,” demikian Irwandi Yusuf dalam amanatnya.

Selanjutnya, pada 02 September 1959, Presiden RI, Soekarno, meresmikan Kampus Darussalam sebagai tonggak penguatan Pendidikan di Aceh. Maka sejak itu, Pemerintah Aceh menetapkan tanggal 02 September sebagai Hari Pendidikan Daerah yang kemudian diubah menjadi Hari Pendidikan Aceh.

iklan

Disebutkan, peringatan Hardikda Aceh yang dirayakan setiap tahun tentunya bukan sekedar diwarnai upacara belaka. Akan tetapi lebih dari itu, Hardikda menjadi momentum bagi pemerintah di Aceh untuk memperbaiki diri agar pendidikan di daerah tersebut semakin maju dan berkembang.

”Untuk itu, mari kita jadikan upacara ini sebagai langkah yang mendorong semangat kita untuk lebih bekerja keras, sehingga keistimewaan Aceh di bidang pendidikan tidak hanya di atas kertas, tetapi dapat kita buktikan secara kualitas,” tukas Irwandi Yusuf.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan