12 Penyandang Disabilitas Terima Tangan dan Kaki Palsu

WOL Photo

MEDAN, WOL – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menyerahkan bantuan kaki dan tangan pengganti (palsu, red) kepada 12 orang penyandang disabilitas di RSU Royal Prima Jalan Ayahanda Medan, Rabu (20/9).

Dengan bantuan yang diberikan ini diharapkan dapat membantu para penyandang disabilitas untuk beraktivitas seperti masyarakat normal lainnya.

Sejumlah 12 orang para penyandang disabilitas itu sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan tersebut. Tentunya bantuan kaki dan tangan pengganti itu akan mereka pergunakan dalam upaya meningkatkan  kualitas sehingga mampu hidup lebih baik lagi ke depannya.

Bantuan kaki dan tangan pengganti ini merupakan hasil kerja sama Pemko Medan dengan Yayasan Surya Keadilan Internasional (YSKI) dan RSU Royal Prima. Wali Kota berharap langkah yang dilakukan YSKI dan RSU Royal Prima ini dapat mengispirasi dan memotivasi stokeholder yang lainnya untuk melakukan hal sama.

Dikatakan Wali Kota, kebutuhan alat bantu pengganti seperti kaki dan tangan palsu ini semakin meningkat seiring banyaknya angka kecelakaan, kondisi bawaan lahir serta berbagai penyakit yang membuat seseorang harus menggunakan alat bantu prostetik tersebut. “Tentunya bantuan yang diberikan sangat bermanfaat bagi para penyandang disabilitas,” tutur Wali Kota.

Advertisement

Menurut Wali Kota, saat ini sebagian besar dari para penyandang disabilitas masih harus dibantu untuk dapat melaksanakan aktivitas harian mereka akibat ketiadaan fasilitas khusus disabilitas ini. Oleh karenanya, perhatian dari pemerintah dan stakeholder sangat diperlukan dalam membantu para penyandang disabilitas ini.

“Masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita lakukan, Hal ini tentunya menjadi tugas kita bersama untuk mendukung dan mewujudkan kondisi ideal yang ramah bagi para penyandang disabilitas tersebut,” ungkapnya.

Penyerahan kaki dan tangan pengganti ini dilakukan Wali Kota disaksikan Ketua YSKI, drg Annita, Komisaris Utama PT Royal Prima, DR dr Nyoman E.Lichster AIFM M.Kes, Direktur Utama PT Royal Prima, DR Tommy Leonard SH MKn, Direktur Utama RSU Royal Prima, dan dr Ali Nafiah Nasution MKT.

Sebelumnya Ketua YSKI, drg Anita, dalam laporannya mengungkapkan, 12 orang penyandang disabilitas yang menerima bantuan telah melakukan pengukuran sehingga kaki dan tangan pengganti yang diterima sesuai dengan ukuran dan enak saat dikenakan. Dikatakan, pembuatan kaki dan tangan pengganti itu dilakukan di Bogor.

Kemudian Anita menambahkan, pihaknya sampai saat ini telah memberikan sekitar 8.000 kaki dan tangan pengganti kepada para penyandang disabilitas mulai dari Sabang sampai Marauke. Oleh karenanya Anita tak lupa mengucapkan terima atas bantuan para donatur, sebab tanpa bantuan yang diberikan tidak mungkin YSKI bisa memberikan bantuan karena biaya pembuatan kaki dan tangan pengganti cukup mahal. (wol/mrz)

Editor: SASTROY BANGUN