Rekor Baru Tercipta Dalam Kekalahan Timnas

foto: Antara

KUALALUMPUR, WOL – Timnas U-22 memang gagal melaju ke final sepakbola SEA Games 2017, Sabtu (26/8) kemarin. Namun Evan Dimas cs berhasil menciptakan rekor baru selama keikutsertaannya di ajang multievent dua tahunan itu.

Rekor dimaksud terkait menit tak kebobolan yang berhasil diperbaiki lagi oleh tim asuhan Luis Milla pada SEA Games 2017. Sebelumnya, rekor terlama Indonesia tak kebobolan terjadi pada SEA Games 2005.

Ketika itu, Indonesia mampu mempertahankan gawangnya tak kebobolan selama 376 menit. Itu terjadi dalam empat pertandingan fase grup dan baru kebobolan di semifinal saat melawan Thailand yang berakhir dengan kekalahan 1-3.

Pada SEA Games tahun ini, gawang Satria Tama dan Kurniawan Kartika Ajie mampu tidak kemasukan selama 522 menit. Pada partai perdana, gawang Indonesia memang berhasil dibobol oleh Thailand.

Namun empat pertandingan sisa fase Grup B lainnya, gawang Indonesia yang dijaga secara bergantian oleh Kartika Ajie dan Satria Tama gagal ditembus oleh Filipina, Timor Leste, Vietnam, dan Kamboja.

Advertisement

Gawang Indonesia baru kebobolan lagi pada menit 87 lewat gol sundulan striker Malaysia Nadarajah Thanabalan pada semifinal di Stadion Shah Alam, Sabtu (26/8) malam. Itu menjadi satu-satunya gol yang tercipta di laga tersebut sekaligus membuat Timnas U-22 gagal ke final.

Kini, Indonesia tinggal berharap kepada medali perunggu pada Selasa (29/8) nanti. Di laga yang akan digelar di Stadion Nasional Bukit Jalil itu, Garuda Muda akan menghadapi Myanmar. (wol/aa/goal)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL