5 Desa Dapat Bantuan Raskin 10 Ton

foto: WOL Photo
Iklan

SIGLI, WOL – Ribuan warga yang bermukim di lima desa di dua kecamatan areal Kabupaten Pidie mendapat bantuan jatah beras miskin (Raskin) pada Jumat (4/8). Sebanyak 10 ton lebih jatah Raskin ditebus oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie, Khairil Syahrial.

Alhamdulillah, semua warga mendapat Raskin cuma-cuma. Segala biaya telah dibayar oleh Pak Khairil Syahrial yang juga anggota DPRK Pidie dari F-Gerindra,” kata Zainal Abdul Majid selaku Keuchik (Kepala Desa, red) Dayah Syarif, Kemukiman Busu, Kecamatan Mutiara, Pidie.

Dikatakan, desa pimpinan Zainal memperoleh jatah Raskin setiap bulan sebanyak 1.920 kg. Bantuan yang sangat membantu warga tersebut, lanjut Zainal, harus dibagikan kepada 230 Kepala Keluarga (KK) secara gratis.

Kepada Waspada Online, Khairil Syahrial membenarkan telah menebus biaya Raskin kepada warga. Khairil menambahkan, selain Desa Dayah Syarif, pihaknya juga memberi bantuan kepada lima desa meliputi Kecamatan Mutiara dan Kecamatan Simpang Tiga.

Di Kecamatan Mutiara tercatat ada Desa Paloh Kambuek sebanyak 2.020 kg lalu Desa Dayah Syaref (1.920 kg), dan Desa Kumbang Busu (1.840 kg). Untuk Kecamatan Simpang Tiga meliputi Desa Cot Jaja (2.730 kg) dan Desa Kulam Baro (1.560 kg).

iklan

“Bantuan berupa biaya penembusan Raskin ini saya lakukan, sudah lama. Tercatat sejak saya terpilih menjadi anggota DPRK Pidie. Jadi sejak itu secara bergiliran, setiap bulan saya tebus Raskin bagi masyarakat,” kata Khairil mengaku program tebus biaya Raskin kepada masyarakat dilakukan selama menjadi anggota DPRK Pidie.

“Sudah sangat banyak desa yang kami bantu. Bulan lalu, Kecamatan Padang Tiji juga dibantu dan ini akan saya lakukan setiap bulan sampai Kecamatan Geumpang. Total, Pidie memiliki 23 kecamatan dan 730 desa, ini semua akan saya perhatikan,” seru Khairil.

Saat disinggung soal kaitan dengan kegiatan politik jelang Pemliu Legislatif (Pileg) 2019 mendatang, Kharil langsung membantah. Menurutnya, Pileg tersebut masih dua tahun lagi dan program bantuan raskinnya sudah lama sebelumnya.

“Ini memang bentuk komitmen saya. Uang gaji sebagai anggota DPRK Pidie, saya gunakan sebagian untuk bantu biaya Raskin bagi warga Pidie. Tunggu saya, semua desa akan dapat jatah nantinya,” tutup Khairil. (wol/aa/mb/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan