Timnas U-16 Kehilangan Pemain Terbaik

foto: Antara

JAKARTA, WOL – Timnas U-16 akan berlaga di Piala AFF U-15 pada 9-22 Juli ini tanpa gelandang andalan mereka, Hamsah Lestaluhu. Hamsah mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL) ketika melawan Persija Jakarta U-16, Selasa (4/7) lalu.

Cedera tersebut didapat pemain asal Maluku tersebut hanya selang tiga hari sebelum keberangkatan ke Thailand, di mana Piala AFF U-15 digelar. Rupanya insiden ini menyisakan kesedihan mendalam bagi skuad Garuda Asia.

“Tentu saja saya sebagai pelatih merasa orang yang pertama yang paling sedih ketika mengetahui situasi ini, tapi kami harus tetap melanjutkan tugas ini,” kata Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini, Kamis (6/7) kemarin.

“Saya nangis, selepas shalat Isya saya sangat sedih, di detik-detik terakhir, dia sudah memberikan semuanya, segalanya untuk U-16 ini juga tetapi situasi ini tidak ada yang ingin menghendaki dan tidak bisa dihindari dan ini sudah takdir,” imbuhnya.

Gagalnya Hamsah bergabung dalam tim memang patut disesali. Sebab, dia merupakan salah satu pilar andalan yang belakangan tampil gemilang. Buktinya, dia terpilih sebagai pemain terbaik ketika Timnas U-16 menjadi juara Tien Phong Plastic Cup di Vietnam, Juni lalu.

Advertisement

Fakhri mengakui para pemain dalam tim besutannya juga merasa terpukul. Bahkan dia sampai harus memberi penegasan kepada para pemain untuk bisa bangkit dan tidak menangisi cedera yang diderita Hamsah.

“Anak-anak juga terpukul, pada sesi pertama anak-anak merasa terpukul, tidak ada gairah juga mereka dan akhirnya saya kumpulkan dan beri penegasan,” kata Fachry.

“Kita mau latihan apa kita mau meratapi cedera Hamsah? Kalau kalian nangis pun cedera Hamsa tidak akan sembuh? Ayo move on, apa yang harus kita lakukan? Ya didoakan semoga lekas sembuh,” lanjutnya menirukan ucapan kepada tim.

Di Chonburi nanti, Brylian Negiehta cs akan bergabung di Grup A bersama tuan rumah Thailand, Australia, Laos, Myanmar, dan Singapura. Indonesia akan melawan Myanmar U-16 pada Minggu (9/7) malam.

Indonesia bersua tuan rumah Thailand pada Selasa (11/7) lalu ditantang Australia pada Kamis (13/7), Laos (15/7), dan teakhir jumpa Singapura pada Senin (17/7).

Skuad Timnas U-16:

Kiper: Ahluzd Dzikri Fikri, Pualam Bahari (Jabar), Hafiz Fauzan Muzaki (Sumbar)

Belakang: M Yudha Febrian, M Uchida S (DKI), I Made Dwi Arya Sukawidana (Bali), Liba Valentino Imwahyusyah (Jatim), M Reza Fauzan (Aceh), Ahmad Rusadi (Kaltim), Amirudin Bagas Kaffa Arrizqi, Mifthakul Septa Anjar Pradika (Jateng)

Tengah: David Maulana (Sumut), Kartika Vedayanto Putra (Jateng), Brilyan Negietha Dwiki Aldana, Mifthakul Husyen Rahmatullah (Jatim), Fadillah Nur Rahman (Sumbar), Rifki Dwi Septiawan (Banten)

Depan: Rendy Juliansyah, Andre Oktaviansyah, Altaf Indie Alrizky (DKI), Amirudin Bagus Kahfi Alfikri (Jateng), Yadi Mulyadi (Jabar), Alsya Risky (Jatim).(wol/aa/bolaviva/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL