Tempat Sholat Plaza di Medan Tak Layak

WOL Photo/muhammad rizki
Iklan

MEDAN, WOL – Ketua Badan Kehormatan Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Medan, Ibnu Ubayd Dilla, menilai pengelola mall atau plaza di Kota Medan belum memberikan pelayanan yang layak khususnya pada pengunjung beragama Islam. Pasalnya tempat ibadah yang tersedia masih jauh dari kata layak. Hal itu terlihat ketika pengunjung yang hendak menjalankan ibadah pada jam-jam tertentu, harus menempuh jarak dan waktu.

“Saya melihat, kondisi ini terjadi pada saat moment bulan Ramadhan (puasa) dan Hari Raya Idul Fitri kemarin. Pengunjung yang hendak sholat harus turun ke lantai dasar atau basement. Ada juga yang tempat sholatnya itu di lantai paling atas. Paling tidak, yang layaklah, jangan seperti itu. Harus bersih dari debu dan lainnya. Sediakanlah tempat sholat itu yang representatif,” ujaranya, Sabtu (29/7).

Ibnu juga mengakui tempat yang disediakan pengelola mall sekarang ini sudah cukup baik, jika dibandingkan tidak ada sama sekali. Namun akan lebih baik lagi jika peletakannya itu pada lantai yang tidak dipergunakan.

“Kalau pengelola mall tidak mampu menyediakan tempat sholat di setiap lantainya, paling tidak janganlah di basement. Berapa lama lagi waktu yang harus ditempuh menuju tempat sholat. Belum lagi antrian jemaah baik itu pengunjung dan karyawan yang hendak menjalankan ibadah serupa,” ujarnya.

Lebih lanjut anggota Komisi D DPRD Medan ini menjelaskan, sholat lima waktu adalah wajib hukumnya bagi umat Islam. Dan waktu pelaksanaannya tidak membutuhkan waktu yang cukup lama.

iklan

“Saya akan coba mendorong anggota DPRD Medan membuat suatu peraturan daerah yang mengatur penyediaan fasilitas umum, salah satunya tempat ibadah bagi kaum muslimin di mall dan pasar tradisional,” pungkasnya.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan