IHSG Tutup di Zona Hijau

Ilustrasi (foto: Ist)

MEDAN, WOL – Rupiah bergerak terbatas sedangkan IHSG ditutup di zona hijau. Nilai tukar Rupiah yang ditransaksikan terhadap US Dollar bergerak terbatas dengan kecenderungan menguat di awal pekan ini. Rupiah dibuka menguat 2 poin dibandingkan level penutupan akhir pekan lalu 13.313 menjadi 13.311.

Rupiah sempat tertekan sampai menyentuh level 13.322 per US Dollar. Terpantau sampai Senin (24/7) sore, Rupiah masih bergerak terbatas dengan kecenderungan menguat di kisaran 13.300-13.321.

Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin, memandang sejalan dengan pergerakan Rupiah dipasar spot, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) pun Rupiah dipatok menguat tipis. Rupiah dipatok menguat 4 poin dibandingkan patokan sebelumnya 13.323 menjadi 13.319 per US Dollar di awal pekan ini.

“Pergerakan nilai tukar Rupiah yang terbatas namun cenderung menguat tipis karena memanfaatkan pelemahan yang terjadi pada US Dollar. Walaupun saat ini masih minim sentimen yang mempengaruhi pergerakan,” terangnya.

Pada akhir pekan lalu, Bank Indonesia merilis tingkat suku bunga Indonesia. Tingkat suku bunga Indonesia ditetapkan tidak jauh berbeda dengan sebelumnya sebesar 4,75 persen. Pelaku pasar tidak terlalu agresif menanggapi sentimen ini tetapi cenderung mengabaikannya.

Advertisement

“Semantara itu pelemahan yang terjadi pada US Dollar karena situasi politik yang terjadi di AS. Pelaku pasar pesimis melihat kebijakan-kebijakan Donald Trump yang mendapat penolakan dari senator AS,” jelasnya.

Kondisi ini membuat US Dollar tertekan diperdagangkan bahkan hampir mendekati level terendahnya. Potensi pelemahan US Dollar masih akan terjadi jika data-data ekonomi AS dirilis memburuk seperti indeks manajer pembelian manufaktur dan jasa serta penjualan rumah lama AS.

“IHSG masih terlihat konsolidasi namun cenderung ditutup menguat di zona hijau pada awal pekan ini. IHSG yang dibuka melemah sempat tertekan sampi menyentuh level 5756,51. Namun IHSG dapat ditutup menguat pasca pelemahan yan terjadi dikahir pekan lalu,” jelasnya.

“IHSG ditutup  36,16 poin atau 0,62 persen menjadi 5801,58 dengan total transaksi mencapai Rp6,6 triliun. Saham SRIL menjadi saham yan teraktif diperdagangkan sepanjang hari senin dengan total frekuensi mencapi 27.398 kali. Diikuti saham AISA yang sempat diterpa isu buruk dengan total frekuensi mencapai 23.659 kali,” pungkasnya.(wol/eko)

Editor: SASTROY BANGUN