Bupati DS Akan Resmikan STKIP Pangeran Antasari

Bupati Deliserdang H. Ashari Tambunan (tengah) foto bersama Ketua Yayasan Pendidikan Pangeran Antasari, Dr Tommy Leonard SH MKn dan Penasehat Yayasan, Dr RE Nainggolan MM, baru-baru ini. (Istimewa)

MEDAN, WOL – Bupati Deliserdang, H Ashari Tambunan, menyatakan kesediaannya untuk membuka acara peresmian Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pangeran Antasari yang akan dilaksanakan di Yayasan Pendidikan Pangeran Antasari Jalan Veteran No.1060/19 Helvetia, pada Sabtu (29/7) mendatang.

Selain itu, H Ashari Tambunan juga akan menjadi Pembicara Kunci dalam Seminar Pendidikan yang dilaksanakan dalam rangkaian acara peresmian tersebut. Bahkan, Bupati DS juga bersedia diangkat sebagai Penasehat STKIP Pangeran Antasari.

Ketua Yayasan Pendidikan Pangeran Antasari, Dr Tommy Leonard SH MKn, mengatakan kehadiran Bupati DS dan kesediaannya diangkat sebagai penasehat STKIP Pangeran Antasari tersebut langsung disampaikan H Ashari Tambunan saat menerima kunjungan Ketua Yayasan Pendidikan Pangeran Antasari bersama Penasehat Yayasan, Dr RE Nainggolan MM, di rumah Dinas Bupati DS, Kamis (13/7) lalu.

“Bupati Deliserdang, H Ashari Tambunan, menyatakan kesediaannya untuk membuka acara Peresmian STKIP Pangeran Antasari dan sebagai Pembicara Kunci dan juga bersedia diangkat sebagai Penasehat STKIP Pangeran Antasari,” kata Dr. Tommy Leonard, Minggu (16/7).

Tommy menyebutkan, dalam peresmian tersebut akan dirangkai dengan kegiatan seminar mengenai perkembangan pendidikan di Sumatera Utara, khususnya di Kota Medan dan Deliserdang. Seminar tersebut akan menghadirkan narasumber Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut, Prof Dr Dian Armanto, MPd MA MSc, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Dr Drs Arsyad Lubis MM, Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Drs Hasan Basri MM dan Kepala Dinas Pendidikan Deliserdang, Dra Wastianna Harahap, dengan moderator Ketua NU Sumatera Utara, H Afifuddin Lubis.

Advertisement

“Launching STKIP Pangeran Antasari akan dirangkai dengan Gebyar Sekolah Pangeran Antasari, Penyerahan Beasiswa kepada siswa berprestasi namun kurang mampu, santunan anak yatim dan Seminar Pendidikan,” jelas tokoh pendidikan Sumut ini.

Pada kesempatan itu, Tommy Leonard menjelaskan, STKIP Pangeran Antasari telah memperoleh Izin dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Nomor 293/KPT/I/2017 dengan Program Studi (Prodi) Sarjana (S1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Program Studi (S1) Pendidikan Matematika.

Ditambahkan, Prodi S1 Pendidikan Matematika STKIP Pangeran Antasari memiliki program menyiapkan lulusan yang mampu dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi  dan mengembangkan proses pembelajaran di sekolah dengan metode-metode, serta kajian dalam menyiapkan guru-guru matematika bertaraf perguruan tinggi yang memiliki sifat profesional tinggi dan berkarater.

Kemudian, Prodi S1 PGSD Pangeran Antasari memiliki program unggulan dalam menyelenggarakan pembelajaran yang efektif untuk menghasilkan lulusan yang bermutu, profesional, menguasai berbagai metode dan media pembelajaran serta mampu memilih metode media yang tepat dan menerapkannya dalam proses belajar mengajar di Sekolah Dasar, serta kompetitif di bidang pendidikan sekolah dasar dan menguasai teknik pengajaran kelas rangkap.