Ade Komaruddin Diperiksa KPK Terkait e-KTP

istimewa
Iklan

JAKARTA, WOL – Selain Menteri Hukum dan Ham Yasonna H. Laoly, KPK juga memanggil mantan Ketua DPR Ade Komaruddin.

Sama seperti Yasonna, dia juga akan dimintai ketersangan sebagai saksi untuk kasus e-KTP. Ade akan dimintai keterangan untuk tersangka Andi Agustinus alias Andi Narogong. “Benar yang bersangkutan akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka AA,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Jakarta, Senin (3/7).

Akom pernah diperiksa KPK untuk melengkapi berkas tersangka dua mantan pejabat Kemendagri Irman dan Sugiharto. Berdasarkan dakwaaan jaksa KPK, Akom dikatakan pernah memerima dollar Amerika Serikat yang jumlahnya sekitar Rp 1 miliar dari Irman saat proyek e-KTP tahun anggaran 2011-2013 bergulir.

Selain itu penyidik juga memanggil ibu rumah tangga yang bernama Netty Marliza. Netty yang juga istri dari Ade Komarudin juga akan dimintai keterangan untuk Andi Narogong. “Satu lagi, KPK juga memanggil Dudung Purwadi. Dia juga saksi dalam kasus yang sama,” ujar dia.

Dalam kasus ini, selain Andi Narogong penyidik telah lebih dahulu menjerat mantan pejabat Kemendagri, Irman dan Sugiharto. Bahkan keduanya telah dituntut oleh jaksa KPK.

iklan

Dalam surat dakwaan terdakwa kasus korupsi e-KTP, Irman dan Sugiharto, Yasonna disebut turut kecipratan USD 84.000. Sedangkan Akom disebut menerima uang dugaan korupsi e-KTP sebesar USD 100 ribu. Keduanya telah berulang kali menepis hal tersebut.  (inilah/ags/data1)

Iklan