Antisipasi Kenaikan Harga Tiket, Kemenhub Warning Maskapai Penerbangan

Ilustrasi (Antara Foto)

JAKARTA, WOL – Kementerian Perhubungan ingatkan seluruh maskapai penerbangan untuk tidak memainkan harga tiket pesawat. Imbauan ini dikeluarkan kementerian terkait, sebelum munculnya laporan masyarakat terkait kenaikan harga tiket pada puncak arus balik mudik lebaran yang diprediksi terjadi pada akhir pekan ini.

“Siapa yang melanggar, ada sanksi pasti,” tegas Inspektur Jenderal Kemenhub, Wahyu Satrio Utomo, seperti dilansir dari laman viva.co.id, Kamis (29/6).

Dikatakan Wahyu, tarif tiket pesawat yang dikenakan sejauh ini masih dalam batasan normal dan telah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Tidak hanya itu, belum ada tanda-tanda maskapai penerbangan menaikkan harga tiket.

Sejauh ini Kemenhub terus melakukan pengawasan agar tak terjadi kenaikan harga tiket yang justru mengganggu animo masyarakat menggunakan jasa penerbangan untuk kembali ke kota pengguna jasa beraktivitas.

“Tidak ada juga laporan dari masyarakat. Kami imbau sejak awal, agar mereka tetap menaati aturan yang berlaku,” imbuhnya.

Advertisement

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan, ia memastikan aktivitas di bandara yang tersebar di seluruh Indonesia masih relatif normal. Seluruh pengelola bandara pun siap menghadapi puncak arus balik yang jatuh pada akhir pekan ini.

“Semua menyatakan sudah dalam keadaan siap. Koordinasi juga berjalan dengan baik, termasuk posko kesehatan juga sudah didirikan di mana-mana,” pungkasnya. (viva/mrz)