Jabatan Adalah Amanah dan Tanggung Jawab Harus Dipikul

WOL Photo

MEDAN, WOL – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, membuka Rapat Koordinasi Pelaksanaan Program Pembangunan Kota Medan Tahun Anggaran (TA) 2017 Triwulan I di Hotel Emerald Garden Medan, Rabu (24/5).

Kegiatan ini digelar untuk mewujudkan pelaksannaan program kegiatan SKPD, serta APBD Kota Medan TA 2017 secara tepat waktu dan sasaran, sekaligus berkualitas, guna  mewujudkan sasaran pembangunan kota dan penetapan kinerja  sebagaimana yang direncanakan.

Untuk itu Wali Kota minta seluruh SKPD terkait segera melakukan pembenahan dan terus melakukan pengawasan terhadap proses pelaksanaan pekerjaan di lapangan, agar hasilnya benar-benar sesuai dengan yang direncanakan.

Kemudian Wali Kota mengingatkan, jabatan adalah amanah dan tanggung jawab yang harus dipikul terhadap negara dan masyarakat, terlebih terhadap Kota Medan. Oleh karenanya anggap amanah dan tanggung jawab itu sebagai ibadah dan kehormatan dengan penuh rasa syukur, integritas, bersemangat, kreatifitas serta rendah hati.

“Itulah tugas yang harus saudara ingat, sedangkan tugas saya melihat dan menilai apakah amanah dan tanggung jawab yang saudara laksanakan itu sudah sesuai dengan tupoksi. Termasuk, memenuhi unsur peraturan dan ketentuan yang berlaku terlebih dalam rangka memberhasilkan pencapaian target pembangunan kota. Ingat, ini tentunya menjadi perhatian saya,” katanya.

Advertisement

Guna menghasilkan kinerja yang optimal, Wali Kota selanjutnya  mengajak seluruh jajarannya untuk bekerja secara bergairah, bersemangat dan ikhlas sehingga tugas bukan menjadi beban. Lalu berusaha ingin menghasilkan karya-karya yang bermanfaat, terutama bagi masyarakat luas.

Di hadapan seluruh unsur jajarannya, Eldin mengaku sangat mengapresiasi digelarnya rapat ini. Sebab menurutnya, apa yang telah dilaksanakan seluruh SKPD selama Triwulan I harus dievaluasi, guna mengetahui apa yang dikerjakan telah memenuhi target atau tidak. Jika belum memenuhi target, tentunya harus dicari apa  yang menjadi penyebabnya dan dicarikan solusi mengatasinya.

Yang tidak kalah pentingnya lagi, Eldin kembali menegaskan kepada seluruh jajarannya harus peka dan bisa merasa ada di tengah masyarakat. Untuk itu setiap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, jangan pernah sekali pun minta imbalan jasa dari pelayanan yang telah diberikan. “Selain itu merupakan tugas dan kewajiban, saya pasti berupaya meningkatkan kesejahteraan para pegawai di lingkungan Pemko Medan,” ungkapnya.

Kepada camat dan lurah, Wali Kota mengingatkan harus benar-benar  memperhatikan dan mengawasi wilayah tugasnya masing-masing, sehingga sekecil apapun kejadian yang terjadi harus diketahui. Sedangkan kepada kepala puskesmas dan puskesmas pembantu (pustu), Wali Kota menegaskan agar tidak hanya duduk menunggu masyarakat datang berobat.

Sebelumnya Kepala Bappeda Kota Medan, Wirya Alrahman, dalam laporannya menjelaskan, rapat koordinasi yang mengusung tema, “Membangun Komitmen Bersama Menuju Medan Rumah Kita Yang Berwawasan Lingkungan”, berisikan paparan yang akan disampaikan oleh para asisten sesuai dengan tugas masing-masing.

Menurut Wirya, jumlah peserta yang mengikuti rapat koordinasi ini sekitar 700 orang berasal dari seluruh kepala badan/dinas di lingkungan Pemko Medan beserta pejabat eselon III, kecuali sekretaris dan kepala UPT, seluruh kabag di lingkungan Setdakot Medan beserta salah seorang eselon IV, camat dan lurah se-Kota Medan, kepala puskesmas, Kepala BP RS Pirngadi serta Dirut Perusahaan Daerah.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN