Asian Agri dan Koramil 04 Talawi Bangun Jamban Sehat Bagi Masyarakat

Foto: Istimewa
Iklan

BATUBARA, WOL – Asian Agri, perusahaan perkebunan kelapa sawit terbesar di Pulau Sumatera, bersama Koramil 04 Talawi Kabupaten Batubara bersinergi membangunkan tempat sanitasi berupa jamban bagi masyarakat kurang mampu.

Ada sekitar 5 jamban yang dibangun secara permanen melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Asian Agri dari 14 unit yang diajukan Koramil 04 Talawi Kabupaten Batubara.

Menurut Danramil 04 Talawi, Kapten H Marpaung, pihaknya memiliki program Jamban Sehat yang diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu di sekitar Kabupaten Batubara.

“Alhamdulillah, program kepedulian lingkungan ini disambut baik oleh Asian Agri melalui unit bisnisnya PT Supra Matra Abadi Kebun Tanah Datar. Dari 14 unit yang diajukan baru 5 unit jamban sehat yang terealisasikan dibangun melalui program CSR Asian Agri,” ujarnya di sela-sela peresmian Jambah Sehat, Sabtu (20/5) kemarin.

Danramil 04 Talawi mengakui bahwa perusahaan Asian Agri begitu peduli dengan masyarakat. Ia mengajak masyarakat yang berada di sekitar perusahaan perkebunan Asian Agri untuk menjaganya. “Komitmennya dalam menjaga lingkungan dan kesehatan masyarakat sangat besar. Ini harus kita apresiasi. Kita harus menjaga aset Asian Agri dari aksi pencurian Tandan Buah Segar (TBS) sawit. Sebab, CSR yang dikucurkan ke masyarakat sangat besar manfaatnya,” ungkapnya.

iklan

Sementara itu, Head Sustainability Operation & CSR Asian Agri, Welly Pardede, mengatakan program CSR Asian Agri ada 6 pilar, yakni Bidang Sosial, Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Lingkungan Hidup. “Perusahaan melalui program CSR berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar perusahaan,” sebutnya.

Dalam kesempatan ini, kata Welly, Asian Agri ingin mengambil peran dalam mengubah main set dan perilaku hidup masyarakat yang tak sehat. “Kita ketahui bahwa masih ada masyarakat yang belum faham & peduli akan pentingnya kesehatan dan kebersihan lingkungan. Seperti di Kecamatan Talawi Kabupaten Batubara, masih ada masyarakat yang belum memiliki jamban tempat pembuangan kotoran manusia,” jelasnya.

Dari kondisi ini, Asian Agri bekerjasama dengan Koramil 04 Talawi Kabupaten Batubara membangunkan Jamban Sehat bagi masyarakat kurang mampu yang berada di sekitar Kecamatan Talawi. “Dari 14 unit jamban yang diajukan Koramil, baru 5 jamban yang dapat disupport perusahaan,” bebernya.

Manager PT Supra Matra Abadi Kebun Tanah Datar, Andi Anggoro, didampingi Manager Pabrik, Marthin Luther Limbeng, menambahkan sanitasi jamban yang dibangunkan berada di Desa Karang Baru dan Desa Sei Muka. “Untuk Desa Karang Baru terletak di Dusun Jaraan dan Dusun Bendo Asahan. Sementara Desa Sei Muka berada di Dusun Pasar Lembu,” jelasnya.

Andi Anggoro menyebutkan, bukan hanya bantuan jamban saja yang dibantu Asian Agri melalui PT Supra Matra Abadi Kebun Tanah Datar. Sepanjang tahun ini, bantuan program CSR dialokasikan pada pemberian material pembangunan masjid dan gereja, pembuatan sumur bor dan mesin pakan ternak serta pengguliran ternak babi khusus di wilayah Kecamatan Talawi.

“Kita berharap, program CSR Asian Agri dapat bermanfaat bagi masyarakat yang berada di sekitar perkebunan perusahaan,” ucapnya.

Camat Talawi, Basrah, mengklaim bahwa sepak terjang CSR Asian Agri sangat membantu masyarakat. “Dari beberapa perusahaan yang ada di Kecamatan Talawi, cuma Asian Agri yang terus komitmen menyalurkan CSR ke tengah masyarakat,” ungkapnya.

Basrah membeberkan, Asian Agri sudah banyak berbuat untuk masyarakat Kecamatan Talawi. Bantuan Asian Agri tak hanya dirasakan masyarakat yang membutuhkan, pemerintah daerah juga ikut diperhatikan Asian Agri.

“Permohonan Kecamatan Talawi yang membutuhkan bantuan penimbunan kantor dengan abu kerak boiler juga direalisasikan Asian Agri. Kita sepakat untuk menjaga perusahaan agar terus berkembang,” harapnya.

Kepala Desa Karang Baru, Siti Aminah, mengucapkan terima kasih atas bantuan program CSR Asian Agri yang diberikan kepada masyarakatnya. “Seluruh aspirasi pemerintah desa dan masyarakat selalu direspon cepat Asian Agri melalui unit bisnisnya PT Supra Matra Abadi,” katanya.

Kades Karang Baru ini mengakui, kepedulian Asian Agri terhadap lingkungan sangat lah besar. “Seperti halnya pembangunan jamban sehat ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkannya,” cetusnya.

Bukan hanya ini saja CSR yang dirasakan masyarakat Karang Baru. “Asian Agri melalui program CSR-nya juga melakukan pengguliran kambing, rehab gedung PAUD dan pemberian paket sembako di hari kebesaran agama,” ujarnya seraya berharap, program CSR untuk Kecamatan Talawi diharapkan dapat ditingkatkan lagi. (wol/rls/mrz)

Editor: Agus Utama

Iklan