AS Kirimkan Kapal Perang Ketiga ke Semenanjung Korea

Kapal perang AS, USS Nimitz berlayar ke Semenanjung Korea. (Foto: Reuters)
Iklan
agregasi
agregasi

 

WASHINGTON – Otoritas Amerika Serikat (AS) kembali mengirimkan kapal perang ke wilayah Semenanjung Korea. Kapal perang USS Nimitz ini nantinya akan bergabung dengan dua kapal perang yang terlebih dulu datang yaitu USS Carl Vinson dan USS Ronald Reagan.

Pihak AS sendiri tidak menyatakan secara terang-terangan apakah pengiriman USS Nimitz ini terkait dengan ketagangan dengan Korea Utara (Korut) atau tidak melainkan hanya menyebut, bahwa kapal perang itu akan dimobilisasi di Asia Pasifik dan Timur Tengah. Pengerahan tiga kapal perang sekaligus di satu wilayah merupakan hal yang sangat jarang dilakukan oleh AS. Kemungkinan besar pengiriman USS Nimitz memang sebagai bagian dari upaya mengintimidasi Korut.

“Saya sangat bangga dengan seluruh tim Nimitz atas tugas yang kami emban. Awak kapal kini melangkah ke lapangan, dan kami yakin siap bertemu tantangan apapun yang akan datang nanti,” ujar Kapten USS Nimitz, Kevin Lenox sebagaimana dikutip dari IBTimes, Minggu (28/5/2017).

Sementara itu, sebuah sumber menyebutkan, pengirima USS Nimitz terkait dengan keberhasilan Korut dalam uji coba rudal dalam beberapa waktu terakhir. Kapal perang USS Nimitz sendiri merupakan kapal perusak yang dilengkapi sistem anti-rudal.

iklan

Selain itu, kapal perang baik uUSS Carl Vinson dan USS Ronald Reagan adalah kapal yang mampu mengangkut puluhan pesawat tempur. USS Ronald Reagan sendiri berlayar ke Semenanjung Korea pada pertengahan bulan Mei sementara USS Carl Vinson ditugaskan pada April 2017.

Iklan