MK Tolak Gugatan Pilgub Aceh, Irwandi Jadi Gubernur

Irwandi Yusuf saat kampanye Pilgub Aceh (Rayful M/Okezone)
agregasi
agregasi

 

BANDA ACEH – Mahkamah Konstitusi (MK) Akhirnya menolak gugatan yang dilayangkan pasangan calon gubernur wakil gubernur Aceh, Muzakkir Manaf – TA Khalid. Putusan itu artinya memenangkan pasangan Irwandi Yusuf – Nova Iriansyah sebagai gubernur Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022.

Saat putusan yang dibacakan oleh majelis hakim, baik Irwandi maupun Muzakkir Manaf sama-sama tidak berada di lokasi. Mereka hanya diwakili oleh tim dari kuasa hukum masing-masing.

Tim Pemenangan Irwandi – Nova, Thamren Ananda mengatakan, Irwandi saat ini sedang berada di luar negeri. Ia saat ini dikabarkan sedang berada di Turki. Tidak diketahui agenda yang dilakukan selama di sana.

“Pak Irwandi sedang di luar negeri. Coba hubungi beliau melalui pesan singkat di facebook,” kata Thamren kepada Okezone, Rabu (5/4/2017).

Advertisement

Dalam rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh 25 Februari 2017 lalu, Irwandi – Nova memperoleh suara 898.710 dukungan. Sementara paslon Muzakkir Manaf – TA Khalid meraup suara terbanyak kedua, yakni 766.427 suara.

Sementara Komisi Independen Pemilihan Aceh sendiri belum menentukan jadwal penetapan gubernur dan wakil gubernur Aceh periode 2017-2022. Namun Komisioner KIP Aceh, Junaidi beberapa waktu lalu sempat menyebut penetapan dilakukan tiga hari setelah putusan MK.