LKPj TA 2016 Belum Dibahas Karena Jadwal Anggota DPRD Medan Padat

Henry Jhon Hutagalung (WOL Photo/M. Rizki)
Iklan

MEDAN, WOL – Keterlambatan pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Tahun Anggaran (TA) 2016 disebabkan oleh kesibukan anggota DPRD kota Medan. Kemungkinan DPRD Kota Medan bakal membentuk pimpinan pansus pada Senin (1/5) mendatang.

Ketua DPRD kota Medan, Henri Jhon Hutangalung, saat dihubungi, Rabu (26/4), menyebutkan anggota DPRD Kota Medan ingin maksimal dalam pembentukan panitia khusus (Pansus) LKPj. Sehingga membutuhkan waktu seluruh anggota DPRD Kota Medan untuk membahasnya. “Belum ada rapat pembentukan pansus. Karena kesibukan anggota dewan,” ujarnya.

Henri Jhon mengklaim tidak ingin terburu-buru dan tergesa-gesa membahasnya. Tentunya agar hasilnya benar-benar baik dan maksimal. “Karena kita ingin maksimal. Senin akan dibuat rapat pembentukan pimpinan pansus,” sambungnya.

Sementara itu, Koordinator Lembaga Studi dan Advokasi Kebijakan (eLSAKA), Bekmi Darusman Silalahi,  menyebutkan LKPj penting dibahas oleh DPRD. Untuk evaluasi kinerja Wali Kota, mulai dari perencanaan, target dan capaian pelaksanaan. “Jadi, kalau ini berlarut-larut belum dibahas, apakah karena dewan tidak mampu,” kata Bekmi.

Menurutnya, DPRD Medan dibantu oleh tenaga dan staf ahli di setiap alat kelengkapan. Karena itu, sangat tidak mungkin dewan tidak mampu membahas LKPj sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati. “Tak sanggup atau ada permintaan-permintaan lain,” katanya.

iklan

Bekmi juga menyebutkan, setelah pembahasan LKPj, DPRD bisa mengeluarkan rekomendasi kepada eksekutif, dalam hal perbaikan dan arah kebijakan politik pembangunan. “Kalau lama, jadi alasan bagi eksekutif untuk tidak melaksanakan, dengan alasan tak cukup waktu. Jadi nanti kesanya rekomendasi sebatas rekomendasi, dan tidak dilaksanakan,” ujarnya.

Sebelumnya, anggota Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Medan, Rajuddin Sagala, mengaku siap membahas LKPj. “Kita masih menunggu pimpinan. Soalnya, sampai sekarang belum disusun komposisi dan personalia panitia khusus pembahasan LKPj,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga, menanggapi santai terkait belum dibahasnya LKPj. “Nanti kami bahas kembalilah,” ungkapnya.

Politisi Gerindra ini juga menyebutkan kalau pihaknya sudah menjadwalkan pertemuan untuk menyusun personalia pembahasan LKPj. Namun, pertemuan yang dijadwalkan tersebut tidak berlangsung, karena kehadiran anggota DPRD Medan tidak memenuhi kourum. “Sudah ada jadwal pertemuan, tapi waktu itu belum kourum. Tidak ada penjelasan tindak lanjut. Nanti kami bahas dululah,” katanya lagi.

Diketahui, Banmus DPRD Medan sudah menjadwalkan pembahasan LKPj Wali Kota Medan tahun 2016 mulai 11 sampai 23 April 2017. Hasil pembahasan akan diparipurnakan secara internal. Namun rencana itu tak berjalan sesuai yang sudah ditetapan.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan