Duet Movistar Yamaha Berjaya Lagi

foto: motorsport

RIO HONDO,WOL – Drama terjadi di MotoGP Argentina yang berlangsung di Sirkuit Termas de Río Hondo, Senin (10/4). Pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, menjadi pemenang dan juara bertahan Marc Marquez terjatuh hingga gagal finish.

Vinales tampil sebagai pebalap tercepat dengan catatan waktu 41 menit 45,060 detik. Valentino Rossi yang juga pebalap Movistar Yamaha berada di belakangnya dengan waktu 41 menit 47,975 detik. Podium ketiga ditempati Cal Crutchlow (LCR Honda).

Sejumlah insiden terjadi dalam balapan kali ini. Pertama, Marquez terjatuh hingga gagal melanjutkan balapan. Kendati sempat memimpin lomba, pebalap Repsol Honda asal Spanyol tiba-tiba terjatuh di awal balapan.

Nasib serupa dialami rekan setim Marquez, Dani Pedrosa. Menariknya, Pedrosa dan Marquez sama-sama terjatuh di tikungan kedua. Selain duet Repsol Honda, Jorge Lorenzo yang kini membela Ducati juga bernasib sial.

Melengkapi daftar pebalap yang gagal finish di seri kedua MotoGP 2017 ini adalah Andrea Dovizioso (Ducati Team), Aleix Espargaro, Sam Lowes (Aprilia Gresini), dan Alex Rins   (Suzuki Ecstar). Vinales pun memuncaki klasemen sementara dengan 50 poin atau unggul 14 angka dari Rossi. Marquez tertahan di peringkat delapan dengan selisih 37 poin.

Advertisement

Vinales mengaku kemenangan di Argentina tidak terlepas dari kesempatan dirinya mengambil posisi pertama balapan saat Marquez terjatuh di lap ketiga. Selain itu, Top Gun menyebutkan lintasan di Rio Hondo menjadi salah satu trek favoritnya.

“Saya tahu Marquez dalam kondisi baik-baik saja setelah terjatuh. Saya pun mengambil kesempatan untuk meraih posisi pertama. Saya sekarang bisa mengendalikan mentalitas di lintasan. Tim juga telah bekerja keras untuk membuat motor saya tampil baik,” ungkap Vinales..

“Kami akan bekerja keras di seri berikutnya di Austin, Texas. Sirkuit tersebut akan menjadi trek yang menantang, tetapi saya yakin dapat tampil dengan baik,” ucap pebalap berusia 22 tahun itu.

10 Besar MotoGP Argentina

Maverick Vinales        Spanyol/Movistar Yamaha      41:45.060

Valentino Rossi           Italia/Movistar Yamaha          41:47.975

Cal Crutchlow             Inggris/LCR Honda                41:48.814

Alvaro Bautista           Spanyol/Aspar MotoGP          41:51.583

Johann Zarco               Prancis/Yamaha Tech 3           42:00.564

Jonas Folger                Jerman/Yamaha Tech 3           42:03.301

Danilo Petrucci           Italia/Pramac Racing               42:05.106

Scott Redding             Inggris/Pramac Racing            42:10.540

Jack Miller                   Australia/Marc VDS               42:10.725

Karel Abraham            Rep Ceko/Aspar MotoGP       42:11.463

(wol/aa/motogp/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL