Anggota DPRD Medan Tak Serius Bahas LKPj Eldin TA 2016

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin (dok. WOL Photo)
Iklan

MEDAN, WOL – Minimnya tingkat kehadiran anggota DPRD Medan menyebabkan tertundanya sejumlah pembahasan salah satunya Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Tahun Anggaran 2016. Diduga, ketidakhadiran para wakil rakyat tersebut lantaran tidak memiliki kemampuan untuk membahas kinerja Wali Kota Medan dalam penggunaan anggaran tahun lalu tersebut.

Sebagaimana yang telah terjadwal di Sekretariat DPRD Medan, pembahasan LKPj itu sejatinya tertanggal 11-23 April. Namun hingga berita ini dimuat, belum juga menunjukkan tanda-tanda untuk dibahas. Tidak hanya itu, pimpinan Pansus LKPj pun belum juga ditetapkan. Contohnya, Rabu (26/4) kemarin, rapat untuk menetapkan pimpinan Pansus dua kali batal, karena tidak kuorum.

Dari 23 jumlah anggota Pansus yang merupakan anggota dewan yang duduk di Badan Musyawarah (Banmus), hanya tiga orang yang hadir. Mereka adalah Mulia Asri Rambe (Bayek), Hendra DS dan Waginto, ditambah satu orang Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga. Karena anggota dewan yang hadir sangat minim, akhirnya disepakati rapat dengan agenda penetapan pimpinan Pansus LKPj ditunda sampai tanggal 2 Mei 2017.

Kepada sejumlah awak media yang memantau kinerja para wakil rakyat ini, anggota Pansus LKPj Tahun Anggaran 2016, Bayek berharap anggota dewan lainnya aktif, agar pimpinan Pansus segera dibentuk. Dengan begitu LKPj dapat segera dibahas.

Diakui Bayek, masih ada waktu bagi dewan untuk membahas LKPj. Karena menurut ketentuan, diberikan waktu 60 hari sejak Wali Kota menyampaikan nota pengantar untuk pembahasannya. “Tapi, alangkah baiknya segera. Sehingga dewan tidak terburu-buru membahasnya,” ucapnya.

iklan

Sebelumnya Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung, menyebutkan tertundanya pembahasan LKPj karena kesibukan anggota dewan yang padat. Politisi PDI Perjuangan ini juga mengaku bahwa jadwal yang sudah dibuat sebelumnya, yakni tanggal 11-23 April tidak berjalan. Persoalannya, dewan belum menetapkan pimpinan Pansus LKPj.

Bahkan, mantan Ketua DPC PDIP Kota Medan ini berdalih tidak ingin terburu-buru dalam membahas LKPj agar hasil yang dicapai lebih maksimal. “Kemarin ada kesibukan kawan-kawan dewan, karenanya (LKPj) belum dibahas. Kita jadwalkan awal minggu depan rapat penetapan pimpinan Pansus digelar,” bebernya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan