Pembinaan Mental Karyawan PTPN IV: Jadilah Pemimpin Laksana Matahari

WOL Photo/Ucok Ridin
Iklan

MEDAN, WOL – Matahari hanya ada satu, untuk itu jadilah pemimpin laksana matahari. Kepada bawahan dan lingkungan untuk menyinari, memberikan energi dan menginspirasi. Sehingga kehadiran pemimpin di tengah-tengah lingkungan perusahaan memberikan manfaat bagi karyawan, perusahaan.

Demikian disampaikan Dirut PTPN IV Dasuki Amsir pada acara pembinaan mental bagi karyawan di Kantor Direksi PTPN IV Medan, yang dihadiri Direktur Operasional Nasrul, Direktur Komersil Umar Affandi, Direktur SDM dan Umum Endang Suraningsih, dan seluruh karyawan di halaman Kandir, Jumat (17/3) kemarin.

Di bagian lain, Dasuki Amsir menyampaikan highlight kinerja perusahaan sampai dengan Februari 2017 sebagai bentuk transparansi dan komunikasi terbuka kepada seluruh karyawan. Mulai dari pemangku jabatan puncak hingga karyawan pelaksana.

“Materi highlight menyoroti hal-hal yang penting mulai dari luar areal, TM, TBM, TU, aset, produksi, produktivitas, rendemen, harga pokok, laba/rugi dan diimbau kepada seluruh karyawan agar sama-sama berpikir dari day to day bagaimana menjadikan PTPN IV seolah-olah diibaratkan menjadi wanita yang cantik dan seksi atau menjadi Miss Universe,” sebut Dasuki.

Diungkapkan Dasuki Amsir, budaya membangun sifat jujur, tulus, ikhlas merupakan imbauan perusahaan, karena sifat ini sudah ada di dalam diri setiap manusia sejak manusia pertama Nabi Adam AS. “Sekarang tinggal kita bagaimana membangun, memelihara, meningkatkan dan mengimplementasi sifat jujur, tulus, ikhlas dalam kehidupan sehari-hari, baik di dalam keluarga, perusahaan dan lingkungan,” katanya.

iklan

Di akhir presentasinya, Dasuki Amsir menyampaikan terkait corrective action perusahaan tentang (1) productivity, (2) cost structure, (3) Financial Structure, (4) Organization, (5) People.

Sementara itu, Direktur SDM dan Umum Endang Suraningsih, menyampaikan sifat jujur, tulus dan ikhlas adalah sifat yang terpuji lagi dimuliakan oleh Tuhan.  Sifat ini saling berkait rapat antara satu sama lain dan menjadi sifat yang diwarisi oleh para nabi dan solehin. Kehidupan adalah satu perjalanan didunia ini yang akan menentukan di akhirat kelak.

“Insan yang mengamalkan sifat-sifat yang baik tersebut, bukan hanya mendapat satu jaminan kehidupan yang tinggi disamping Tuhan, bahkan ia akan dapat mengimbangi kehidupan di antara dunia dan akhirat,” kata Endang.

Direktur Komersil Umar Affandi, menyampaikan bahwa jujur, tulus, ikhlas berawal dari kesehatan dan kesehatan berasal dari makanan kita dan makanan berasal dari sumber asupan yang bersih dan halalal toyyiban, atau bahan baku bagus, dan proses bagus maka hasil akhirnya akan menjadi bagus.

Direktur Produksi Nasrul menanmbahkan, agar seluruh karyawan bersama-sama menanamkan sifat jujur, tulus, ikhlas dalam diri.

“Hakikatnya, tidak susah untuk menjadi orang jujur, tulus, ikhlas jika kita mempunyai keberanian yang tinggi di dalam diri masing-masing. Memang berlaku jujur itu amat pahit pada permulaan, namun ia mampu membuahkan kemanisan untuk selamanya, maka dengan itu berkata benarlah walaupun ia pahit atau katakanlah yang sebenarnya walau itu pahit,” sebutnya.

Kasubag Komunikasi PTPN IV, Syahrul Aman Siregar, mengatakan program pembinaan mental ini sudah dimulai sejak bulan Januari 2017 yang lalu, dan acaranya dilaksanakan selesai upacara bendera di Kantor Direksi, dan masing-masing Distrik serta Unit Usaha PTPN IV.

“Sebagai narasumber sengaja diundang ustadz dan pendeta setiap satu bulan sekali, serta setiap tiga bulan sekali nasa sumber langsung dari Direktur Utama PTPN IV,” sebut Syahrul.

“Mudah-mudahan program pembinaan mental bagi insan di PTPN IV ini dapat menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas, benar dan beriman, semoga,” harapnya. (wol/rdn/data2)

Editor: Agus Utama

Iklan