Mendagri Janjikan 4,5 Juta Penduduk Indonesia Punya E-KTP

Ilustrasi (Foto: Okezone)
Iklan
agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku saat ini masih ada 4,5 juta masyarakat di Indonesia, yang masih belum mempunyai kartu tanda penduduk berbasis elektronik atau e-KTP.

Namun kendati demikian, Tjahjo berjanji pada bulan Maret ataupun April 2017 ini masyarakat bisa memiliki e-KTP tersebut. Pasalnya sebanyak 96,10 dari 4,5 juta masyarakat telah melakukan perekaman. “Ada 4,5 juta penduduk belum dapat e-KTP, mudah-mudahan Maret-April ini mulai prosesnya,” ujar Tjahjo di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta, Rabu (15/3/2017), dikutip dari Jawa Pos.

Saat disinggung kenapa masih ada yang belum memiliki e-KTP mantan anggota Komisi I DPR ini mengungkapkan, hal itu disebabkan karena 68 pejabat dari Kemendagri yang diperiksa oleh KPK terkait dugaan korupsi proyek e-KTP. Sehingga banyak waktu yang terbuang akibat pemeriksaan itu. “Karena pejabat Kemendagri bolak-balik satu tahun dipanggil KPK ini jadi mempengaruhi kerja,” katanya.

Menurut Tjahjo, pada saat blangko e-KTP telah ada Kemendagri akan mencetak sebanyak 7 juta. Hal itu dikarenakan sebanyak 3,2 juta penduduk masih memiliki data ganda. “Jadi kami akan cetak 7 juta, karena penduduk punya e-KTP ganda,” tuturnya.

Iklan