Pep: City Beruntung Menangi Duel Hujan Gol

foto: AP

MANCHESTER, WOL – Duel Liga Champions antara Manchester City dan AS Monaco diwarnai hujan gol. Pelatih City, Josep Guardiola, mengakui ketajaman AS Monaco dan menilai timnya beruntung bisa jadi pemenang.

Guardiola bahkan menyebut timnya beruntung bisa mengalahkan Monaco yang memiliki naluri menyerang tinggi. Tampil di Etihad Stadium, Rabu (22/2), City menang 5-3. Dalam laga ini, Sergio Aguero cs sempat dua kali tertinggal dari Monaco.

Hal ini yang jadi sorotan Guardiola. Menurut mantan arsitek Barcelona dan Bayern Munich ini, Monaco memiliki pengalaman lebih banyak di Liga Champions. Tak heran Pep terus menegaskanThe Citizens patut bersyukur menang.

“Banyak hal yang terjadi, tapi pada saat itu kami beruntung. Kami stabil secara mental. Para pemain senior dan pemain muda di tim bermain luar biasa,” ujar Guardiola.

“Monaco memiliki sejarah lebih dari kami di kompetisi ini. Anda perlu pengalaman seperti ini untuk bisa belajar dan meningkatkan (perfoma).  Tentu saja, apapun bisa terjadi di Monaco dan kami harus mencetak banyak gol,” katanya.

Advertisement

Tuan rumah unggul lebih dulu di menit 27 lewat Raheem Sterling. Delapan menit kemudian, Monaco menyamakan kedudukan lewat gol indah Radamel Falcao. Monaco bahkan berbalik unggul lewat gol Kylian Mbappe di menit 40.

Memasuki babak kedua, petaka nyaris menghampiri City. Pelanggaran Nicolas Otamendi kepada Falcao di area terlarang membuat wasit menunjuk titik putih. Sayang, Falcao gagal menunaikan tugasnya karena sepakannya ditangkap oleh Willy Caballero.

Menit 59, Danijel Subasic melakukan kesalahan fatal saat mengantisipasi sepakan Sergio Aguero. Falcao akhirnya menebus kesalahannya dengan kembali mencetak gol indah di menit 61. Sayang, City lagi-lagi menyamakan skor lewat tendangan voli Aguero.

Menit 77, John Stones membawa City memimpin hasil umpan sepak pojok. City kian berada di atas angin, setelah Leroy Sane menambah keunggulan City menjadi 5-3. Selanjutnya, City akan bertandang ke Stade Louis II, 16 Maret mendatang.

Di Bay Arena, Atletico Madrid mencuri kemenangan atas tuan rumah Bayer Leverkusen. Pasukan Diego Simeone unggul 4-2 dan memiliki modal jelang leg kedua nanti kala menjamu Leverkusen di Vicente Calderon.

Keempat gol Atletico disumbangkan oleh Saul Niguez, Antoine Griezmann, Kevin Gameiro, dan Fernando Torres. Dua gol Leverkusen yang bersarang di gawang Los Rojiblancos diciptakan oleh Karim Bellarabi dan bunuh diri Stefan Savic.  (wol/aa/bbc/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL