Luhut Ingin Kebiasaan Buang Sampah ke Laut Dihilangkan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (Okezone)

JAKARTA, WOL – Masyarakat Ambon diminta menghilangkan kebiasaan membuang sampah plastik ke laut.

Permintaan itu disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Pandjaitan, dalam acara Gerakan Sadar Wisata Aksi Sapta Pesona di Halong, Ambon, Maluku, Rabu (8/2).

“Di Makassar, 20 persen ikan di sana makan plastik. Tapi di Amerika lebih parah, 60 persen,” ujar Luhut memberi perbandingan.

Acara yang dihadiri Luhut itu merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Pers Nasional 2017. Mantan Kepala Staf Presiden itu pun menjadikannya sebagai ajang mendidik pemuda Ambon agar lebih peduli pada kebersihan, khususnya kebersihan laut.

Menurutnya, kawasan wisata bahari di Ambon memiliki potensi berkembang pesat di dunia. Berkaitan dengan itu, hal dasar yang harus dibiasakan pemuda Ambon adalah keberanian untuk hidup bersih.

Advertisement

“Saya masih bersihkan kamar mandi saya. Saya bintang empat (jenderal purnawirawan), Menko Maritim, tapi masih bersihkan kamar mandi. Orang yang berani bersihkan WC, bisa bersihkan yang lainnya,” jelas Luhut.

Luhut mengingatkan warga Ambon bahwa menjaga kebersihan lingkungan bukan pekerjaan hina. Ia berharap, pendidikan dasar tentang kebersihan laut dimulai dari ibu rumah tangga.

“Pekerjaan hina itu adalah maling dan bohong. Kita bersihkan lingkungan sama-sama,” ajak Luhut. (rmol/ags/data2)