Hujan Lebat dan Petir Landa Aceh, Waspadai Banjir dan Longsor

WOL Photo/Chairul Sya'ban

BANDA ACEH, WOL – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah daerah di wilayah Aceh diguyur hujan dengan intensitas ringan, sedang dan lebat yang disertai petir hingga beberapa hari ke depan. Hal ini juga perlu diwaspadai akan terjadinya bencana banjir maupun longsor.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Blang Bintang Aceh Besar, Zakaria Ahmad, menyebutkan terdapat sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Aceh berupa Eddy atau pesaran angin  yang mengakibatkan besarnya gaya tarik masa udara dari Samudera Pasifik menuju Samudera Hindia bagian Barat Daya Aceh. Sehingga, terjadi konvergensi (pengerucutan) masa udara di atas wilayah Aceh.

“Di samping adanya Sirkulasi Siklonik (Low Pressure) di Samudera Hindia Barat Aceh, terlihat juga belokan-belokan angin di atas wilayah Aceh serta masih tingginya suhu muka laut (SST) antara 29 – 32 ‘C di Laut Andaman, Selat Malaka dan juga Samudera Hindia Bagian Barat Aceh yang mengakibatkan penambahan uap air di Atmosfir Aceh,” sebutnya kepada Waspada Online, Senin (27/02).

Sehingga, sambungnya, membuat atmosfir wilayah Serambi Mekkah Aceh menjadi dingin dan labil. Kondisi ini mengakibatkan terjadinya perlambatan gerakan masa udara yang dapat berpotensi terjadinya pertumbuhan awan-awan konvektif untuk wilayah Aceh dan diperkirakan akan diguyur hujan hingga tiga hari kedepan dengan intensitas ringan, sedang, dan lebat.

Pihaknya memprediksi, wilayah yang berpotensi hujan ringan hingga sedang untuk tiga hari kedepan meliputi wilayah Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie Bagian utara, Pidie Jaya Bagian Utara, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara bagian utara dan Aceh Tenggara.

Advertisement

Untuk wilayah yang berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yakni Pidie bagian tengah dan selatan, Pidie Jaya bagian Selatan, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Sinabang, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Subulussalam, Aceh Tengah, Gayo Lues, Bener Meriah, Aceh Tamiang, Aceh Timur dan Sebagian Aceh Utara bagian timur.

Sementara potensi petir diperkirakan hampir semua wilayah Aceh terjadi. Untuk itu pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar ketika langit sudah gelap dengan disertai awan hitam.

Petensi angin kencang dan gelombang tinggi, angin kencang dan gelombang laut diperkirakan masih sangat aman dalam 3 hari ke depan, cuma harus diwaspadai angin kencang sesaat 5-10 menit ketika hujan mau turun.

“Perlu kami ingatkan, untuh daerah yang rawan banjir, bantaran sungai, dan daerah hilir supaya waspada banjir maupun banjir bandang. untuk daerah perbukitan atau pegunungan perlu waspada longsor dan kepada pengguna jalan agar waspadai terhadap jalan yang licin,” tukas Zakaria.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN