Dispora Medan Gelar Popkot 12 Cabor

WOL Photo

MEDAN, WOL – Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan akan menggelar Pekan Olahraga Pelajar Kota (Popkot) Medan 2017. Ajang dalam upaya menggairahkan olahraga di kalangan pelajar ini rencananya digelar mulai 21 Maret mendatang.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Medan, Drs H Azam Nasution MAP, mengatakan Popkot nantinya akan dijadikan agenda tahunan yang merupakan program jangka panjang Dispora Medan.  Alasan pihaknya memilih nama Popkot untuk menyamakan dengan jenjang kejuaraan yang dilaksanakan di pusat.

“Popkot bertujuan menjaring atlet muda potensial dari masing-masing sekolah. Hanya saja memang nama ajangnya kami sesuaikan dengan jenjang kompetisi, mulai dari Popkot, Popda, Popwil, hingga Popnas,” ujar Azam baru-baru ini.

Popkot nantinya mempertandingkan 12 cabang olahraga yang terdiri atas atletik, pencak silat, sepakbola, bulutangkis, karate, renang, tenis meja, bola voli, sepak takraw, gulat, anggar, dan taekwondo.

Popkot Medan 2017 diharapkan menjadi sarana setiap sekolah mengembangkan pembinaan beberapa cabang olahraga demi mencetak atlet berprestasi, dengan harapan minimal tiap sekolah harus bisa membina tiga klub cabang olahraga yang berbeda.

Advertisement

“Kami juga berharap sekolah menjadi sentral dalam melahirkan atlet berprestasi. Tentunya juga berdasarkan UU Sistem Keolahragaan Nasional yang mewajibkan pemerintah untuk mengatur, membina, mengembangkan, melaksanakan, dan mengawasi penyelenggaraan keolahragaan di daerah,” katanya menambahkan Popkot juga dijadikan media mengurangi aktivitas kenakalan pelajar.

Dengan bergulirnya Popkot setiap tahun, diharapkan merangsang pemerintah kota untuk membangunan infrastruktur olahraga di Kota Medan. Apalagi pemerintah berupaya mewujudkan Medan sebagai Kota Atlet.

“Mustahil Medan bisa menjadi Kota Atlet kalau tidak didukung oleh fasilitas olahraga yang memadai. Tentunya kami berharap adanya Popkot ini juga menambah terbangunnya sejumlah venue olahraga,” katanya. (wol/aa/data3)

 

Editor AUSTIN TUMENGKOL