Dinas Pertanian Sumut Akan Buka Lahan 500 Ha di Madina

Ilustrasi (antarafoto.com)
Iklan

MEDAN, WOL – Melalui Kepala Sub Bagian Program Dinas Tanaman Pangan dan Koltikultura Sumut, Marino, Dinas Pertanian (Distan) Sumatera Utara (Sumut) akan menargetkan tahun 2017 membuka lahan sekitar 500 hektare di daerah Mandailing Natal (Madina).

“Dimana rencana pembukaan lahan baru tersebut sudah dari tahun 2016 lalu, hanya saja di tahun tersebut, Studi Investigasi Desain (SID) belum selesai,” tutur Marino, Selasa (31/1).

Dan mudah-mudahan lahan baru 500 hektare tersebut bisa terlaksana dan bisa membantu meningkatkan produktivitas terutama untuk padi di Sumut.

“Untuk saat ini luas area lahan di Sumut 43 ribu hektare dan dengan harapan lahan tersebut tidak berkurang, apalagi saat ini sudah ada peraturan daerah (perda) tentang lahan pertanian,” jelasnya.

“Kita sudah memiliki Perda untuk lahan dan mudah-mudahan kabupaten kota tidak mengalihfungsikan lahan tersebut,” tuturnya.

iklan

Selain itu, berencana membangun lahan baru tetapi juga menargetkan kenaikan produksi untuk padi yang ada.

“2017 untuk produktivitasnya sekitar 5,2 juta ton, dan mengalami kenaikan dari tahun lalu yang hanya menargetkan sekitra 4,6 juta ton,” tuturnya.

Dengan adanya pembukaan lahan target produktivitas padi Dinas Pertanian Sumut bisa tercapai. Saat ini produksi padi di Sumut baru 2,1 juta ton.

“Dinas Pertanian Sumut sudah memiliki lahan yang cukup apalagi dengan adanya rencana penambahan lahan baru,” pungkasnya.(wol/eko/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan