KSPI: Pekerja Asing Ilegal di Indonesia Capai Ratusan Ribu

mediaindonesia.com
Iklan
agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Belakangan ini Indonesia tengah diterpa oleh isu maraknya tenaga kerja ilegal asal China, yang membuat resah para pekerja Tanah Air. Banyak yang mempertanyakan bagaimana nasib pekerja Tanah Air nanti, karena dari negara asing Indonesia selalu kalah dalam keterampilan.

Tidak hanya itu, masyarakat semakin resah lantaran tenaga kerja China ilegal yang tidak memiliki keterampilan menguasai Indonesia yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

“Dari data Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) TKA ilegal jumlahnya ratusan ribu orang yang bekerja di sektor manufaktur, energi, perdagangan, jasa dan masih banyak lagi,” ungkap Presiden KSPI Said Iqbal dalam pesan singkatnya kepada Okezone di Jakarta, Senin (26/12/2016).

Dia juga mengatakan, tenaga kerja asing ilegal ini banyak tersebar di daerah Bali, Kalimantan, Sulawesi Utara, Papua, Banten, dan Jakarta.

iklan

“Bahkan di Pulo Gadung ribuan TKA China sebagai ‘unskill worker’ yang tidak tercatat di Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia,” ungkap Iqbal.

Iklan