Hari Ini, Tiga Terduga Teroris dari Sumatera Digelandang ke Jakarta

Ilustrasi
agregasi
agregasi

 

JAKARTA -Tiga orang terduga teroris yang ditangkap di luar pulau Jawa Rabu 21 Desember 2016 akan dibawa ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan. Mereka adalah Jhon Tanamal alias Hamzah (H) yang diduga terduga teroris jaringan Solo. Hamzah ditangkap di rumahnya, Jalan Soekarno Hatta nomor 69 RT 004 RW 001 Kelurahan Balai Nan Duo Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat.

Selanjutnya pengkapan terhadap Safei Lubis alias S di Deli Serdang, Sumatera Utara. Penangkapan dilakukan di kediaman orang tua Safei. Dia ditangkap karena terlibat dengan kelompok radikal asal Batam Katibah Gongong Rebus (KGR) yang dipimpin Gigih Rahmat Dewa.

Selain itu, tim Densus 88 juga menangkap HA terduga teroris di Sagulung, Batam, Kepulauan Riau. HA diduga berperan sebagai perekrut WNI ke Suriah yang juga anggota dari kelompol KGR.

Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul mengatakan ketiganya dibawa ke Jakarta guna melakukan pemeriksaan secara intensif. Kendati demikian dengan alasan keamanan bagi penyidik maupun terduga teroris tersebut, Densus enggan menyampaikan ke mana mereka akan dibawa sesampainya di Jakarta.

Advertisement

“Ketiganya dibawa ke Jakarta, nah kenapa tempat tidak kita sampaikan tentu memperhatikan sisi pengamanan terhadap petugas saat dilakukan pemeriksaan intensif dan keamanan kepada yang bersangkutan (terduga teroris),” kata Martin di Kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (22/12/2016).

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menjelaskan yang jelas pemeriksaan akan dilakukan di markas polisi di Jakarta.

“Jadi aksi terorisme apapun bisa disasar mereka tidak peduli dengan apa yang ditarget, kita tidak bisa sampaikan diperiksa di mana yang jelas masih di perkantoran di lingkungan Polri tidak di luar itu,” tukasnya.